5 Manfaat Bubur Kacang Hijau yang Sangat Menakjubkan

Kacang hijau sudah mulai dibudidayakan sejak dulu. Berawal dari India, kacang hijau lalu tersebar ke China dan berbagai negara di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, kacang yang satu ini diolah menjadi rupa-rupa kudapan, salah satunya bubur.

Banyak orang sangat familier dengan bubur kacang hijau. Beberapa menambahkan bubur ketan hitam, bahkan roti tawar, sebagai pelengkap. Di samping lezat disantap, hidangan nusantara yang satu ini juga menyimpan ragam manfaat bagi kesehatan.

1. Membantu meningkatkan kesehatan kandungan

Wanita hamil biasanya disarankan untuk mengonsumsi banyak makanan yang mengandung asam folat. Tidak lain, karena asam folat sangat esensial bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Sayangnya, kebanyakan perempuan tetap kekurangan asam folat dan berakhir mengalami proses persalinan yang berisiko. Padahal, tidak sulit untuk memperoleh asupan asam folat. Bubur kacang hijau dapat menjadi pilihan kudapan para ibu hamil, sebab di dalamnya terkandung asam folat dalam kadar yang tinggi.

Kacang hijau juga kaya akan zat besi, protein, dan serat. Semuanya merupakan zat-zat yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan.

2. Menurunkan risiko serangan jantung

Risiko serangan jantung kerap dikaitkan dengan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh, khususnya kadar LDL atau ‘kolesterol jahat’.

Penelitian menunjukkan bahwa kacang hijau memiliki zat tertentu yang dapat menurunkan kadar LDL. Antioksidan yang terkandung di dalam kacang hijau bukan hanya dapat menurunkan kadar LDL, melainkan dapat mencegah LDL berinteraksi dengan radikal bebas yang tidak stabil.

Mengonsumsi sekitar 130 gram bubur kacang hijau dapat membantu menurunkan kadar LDL, sehingga risiko serangan jantung juga menurun. Tentu sangat baik bila bubur yang dikonsumsi tidak terlalu banyak mengandung gula dan santan.

3. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan persoalan kesehatan yang serius. Gangguan ini menjadi salah satu penyebab kematian, sebab dari tekanan darah tinggi ada banyak gangguan medis yang dapat timbul.

Kabar baik bagi Anda penggemar bubur kacang hijau, sebab kacang yang satu ini disebut-sebut dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Di dalam kacang hijau terkandung banyak kalium, magnesium, dan serat. Nutrien yang berkaitan dengan kejadian darah tinggi.

Sebuah penelitian pada hewan uji menunjukkan bahwa protein tertentu di dalam kacang hijau dapat menekan enzim yang secara alami meningkatkan tekanan darah. Meski demikian, seberapa jauh efeknya pada tekanan darah manusia masih belum diketahui secara pasti.

4. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Di dalam kacang hijau, terdapat banyak nutrien yang baik bagi kesehatan pencernaan. Salah satunya, kandungan serat yang tinggi.

Kacang hijau juga mengandung serat larut air yang disebut pectin. Jenis serat ini dapat menjaga gerakan peristaltik usus tetap teratur serta mempercepat pergerakan makanan di usus. Dengan demikian, proses buang air besar pun dapat lebih teratur dan lancar.

Tidak hanya itu, di dalam kacang hijau juga terdapat pati yang dapat menjaga bakteri baik di usus Anda. Bakteri baik akan mencerna pati tersebut dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek. Nantinya, asam lemak ini dapat menutrisi sel-sel usus, meningkatkan kekebalan sel usus, hingga mencegah kanker usus.

Tidak heran bila bubur kacang hijau banyak dikonsumsi sebagai menu sarapan, ya!

5. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi jenis makanan yang kaya serat dan protein sangat baik dalam proses menurunkan berat badan. Serat dan protein dapat menekan produksi hormon yang menyebabkan rasa lapar.

Selain menekan hormon penyebab lapar, konsumsi bubur kacang hijau juga akan menginduksi produksi hormon yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, konsumsi makanan harian Anda dapat berkurang yang berdampak pada penurunan berat badan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *