7 Rekomendasi Obat Semprot Hidung Selain Iliadin Nasal

Hidung yang tersumbat akibat alergi maupun karena debu akan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Apalagi dialami oleh anak-anak yang akan terganggu aktivitasnya saat bernapas, menyusu, maupun jadi tidak berselera makan. Ada beberapa merek semprot hidung yang aman untuk anak. Seperti iliadin nasal, Sterimer, respimer, dan lainnya.

Nasal spray merupakan obat semprot hidung yang mampu meredakan pilek dan flu. 

Rekomendasi Obat Semprot Hidung untuk Anak

  1. Sterimar baby nasal spray

Obat semprot hidung yang satu ini berguna untuk melembapkan membran hidung yang kering dan meradang akibat pilek atau alergi, iritasi hidung bayi, hingga kelembapan yang rendah.

Sterimar adalah obat semprot hidung yang bisa digunakan oleh anak berusia 0-3 tahun. Kandungan semprot hidung ini berupa larutan sea water dan purified water. Larutan isotonis ini mampu meringankan inflamasi membran hidung dan membuat ingus jadi lebih encer dan mudah dikeluarkan. 

  1. Iliadin nasal drops 0.025%

Obat tetes hidung ini memang dikhususkan untuk anak-anakberusia 2-6 tahun. Iliadin nasal drops ini bisa meringankan gejala hidung tersumbat yang disebabkan oleh iritasi selaput lendir hidung akut, rhinitis alergi, hingga sinusitis akut dan kronik.

Obat tetes hidung iliadin nasal ini mengandung oxymetazoline hydrocloride 0,25 mg untuk setiap 1 ml obat.

Penggunaan obat tetes hidung iliadin nasal ini harus disesuaikan dengan petunjuk pada label kemasan. Pada usia anak 2-6 tahun, berikan 2-3 tetes iliadin nasal dalam 2 kali sehari, pagi dan malam hari.

Ada beberapa efek samping yang akan dirasakan, seperti bersin, insomnia, pusing, rasa panas, rasa kering di mukosa hidung, hingga jantung berdebar.

  1. Afrin nasal spray

Obat tetes hidung ini baru bisa diberikan pada anak yang berusia di atas 6 tahun. Afrin nasal spray ini mengandung oxymetazoline hydrochloride yang akan membuat hidung tersumbat jadi lebih lega. Obat semprot hidung Afrin ini juga bisa mencegah infeksi telinga bagian tengah.

  1. Respimer baby nasal hygiene

Respimer baby nasal hygiene ini bisa melembapkan, membersihkan, hingga meredakan hidung yang tersumbat. Obat semprot hidung Respimar ini bisa digunakan oleh anak yang berusia 0-2 tahun.

Respimar nasal spray mengandung Sea Water yang tidak akan menyebabkan terjadinya peradangan membran hidung. Obat ini juga tidak menggunakan gas propelan atau aerosol yang bisa membuat munculnya reaksi alergi.

  1. Avamys nasal spray

Obat semprot hidung dari Avamys ini boleh digunakan oleh anak berusia 6 tahun ke atas. Avamys nasal spray berguna untuk pengobatan rhinitis alergi, yang memiliki gejala seperti hidung gatal, bersin-bersin, hidung meler, dan hidung tersumbat yang biasanya dipicu oleh alergen.

Avamys nasal spray masuk dalam golongan obat anti-inflamasi karena mengandung flutikason furoat yang masuk dalam golongan kortikosteroid.

Gunakan obat semprot Avamys sesuai dengan petunjuk pemakaian atau petunjuk dokter. 

  1. Modexa nasal spray

Modexa nasal spray ini sudah bisa digunakan oleh anak berusia 2 tahun ke atas. Modexa mengandung mometason furoat yang masih masuk golongan kortikosteroid.

Semprot hidung Modexa ini bisa membantu meredakan rhinitis akibat alergi atau rhinitis, rhinosinusitis ringan hingga sedang, serta membantu menangani polip hidung tanpa operasi.

  1. Betadine cold defence kids nasal spray

Obat semprot hidung dari Betadine ini bisa digunakan oleh anak yang berusia 1 tahun ke atas. Betadine nasal spray ini mengandung bahan alami Carragelose yang terbukti ampuh membantu menghilangkan berbagai jenis kuman yang jadi penyebab flu dan pilek. 

Itulah beberaoa rekomendasi obat semprot hidung yang bisa digunakan oleh anak. Mulai dari iliadin nasal hingga merek Betadine. Pilihlah obat semprot hidung yang sesuai dengan kondisi dan gejala yang dialami anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *