8 Manfaat Suplemen Vitamin D yang Menakjubkan

Tiap vitamin punya fungsi masing-masing untuk tubuh Anda. Salah satu vitamin yang sangat menunjang kesehatan adalah vitamin D. Namun, banyak orang merasa kesulitan memenuhi kebutuhan akan vitamin D tiap harinya. Mengonsumsi suplemen vitamin D dapat menjadi cara jitu untuk memastikan kebutuhan vitamin D harian Anda terpenuhi. 

Suplemen vitamin D bagus untuk mencegah osteoporosis dan penyakit tulang lainnya

Walaupun sebenarnya, vitamin D juga sangat mudah didapatkan dari menjemur diri di sinar matahari ataupun mengonsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin ini. Namun coba bayangkan, jika cuaca tengah mendung atau Anda tidak menyukai makanan yang menjadi sumber vitamin D, apakah Anda rela kebutuhan vitamin ini menjadi tidak terpenuhi? 

Padahal, manfaat vitamin D untuk tubuh sangatlah banyak. Salah jika Anda berpikiran bahwa vitamin D hanya berperan untuk pembentukan tulang Anda. Nyatanya, sejumlah manfaat menakjubkan di bawah ini juga berasal dari pemenuhan kebutuhan vitamin D tiap harinya. 

Menghindarkan dari Osteoporosis 

Manfaat vitamin D supaya tulang Anda kuat tentu sudah tidak asing, bukan? Bukan hanya sekadar untuk membantu pertumbuhan tulang, pemenuhan vitamin D lewat berbagai cara—tidak terkecuali dengan mengonsumsi suplemen vitamin D—juga bisa menjaga ketahanan tulang dan menghindari kerapuhan. Jadi seiring bertambahnya umur, Anda tidak perlu takut dengan risiko osteoporosis jika kebutuhan vitamin D harian cenderung terpenuhi. 

Mencegah Otot Melemah 

Bukan hanya untuk tulang, mengonsumsi suplemen vitamin D juga berimbas positif untuk otot Anda. Pasalnya, vitamin D bisa menghindarkan otot dari pelemahan. Di mana jika otot melemah, seseorang akan lebih mudah terjatuh ataupun mengalami kecacatan yang tidak diharapkan. Karena alasan inilah, orang tua sangat penting mengonsumsi suplemen vitamin D guna mencegah pelemahan otot yang cukup ekstrem. 

Menghalau Kondisi Obesitas 

Vitamin D adalah salah satu cara untuk menghindarkan Anda dari risiko mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Masalahnya jika kekurangan vitamin D, nafsu makan Anda akan cenderung meningkat. Terbukti lewat beberapa penelitian, orang-orang obesitas yang diberi asupan suplemen vitamin D dapat lebih efektif menjalankan program dietnya dan mengalami penurunan berat badan dibandingkan mereka yang tidak diberikan suplemen vitamin D. 

Menurunkan Risiko Diabetes 

Vitamin D juga ternyata berpengaruh besar untuk kondisi kadar gula darah Anda. Vitamin ini membantu tubuh untuk mengontrol kadar gula darah. Alhasil, penyakit diabetes tipe 1 maupun tipe 2 bisa lebih mudah dicegah jika Anda memastikan kebutuhan vitamin D harian senantiasa terpenuhi. 

Mengatasi Hipertensi
Asupan vitamin D yang tercukupi lewat suplemen vitamin D ataupun sinar matahari juga efektif mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pasalnya, ditemukan pada banyak penderita hipertensi, penyebab terjadinya tekanan darah yang tinggi dan sulit dikendalikan adalah kekurangan vitamin D dalam jangka pendek. 

Mencegah Preeklamsia 

Wanita yang tengah mengandung dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D. Bukan tanpa sebab, soalnya vitamin D bisa mencegah kondisi preeklamsia pada ibu hamil. Ini merupakan kondisi ketika tekanan darah ibu hamil naik secara mendadak dan berbahaya bagi keselamatan ibu maupun janin. Dengan menghindari preeklamsia, artinya, risiko bayi lahir prematur dengan masalah diabetes gestasional juga bisa meminimalkan. 

Meminimalkan Alergi Anak 

Anak-anak sangat penting mengonsumsi suplemen vitamin D. Bukan hanya membantu pertumbuhan tulang, asupan vitamin D yang cukup juga bisa meminimalkan risiko alergi. Anak-anak yang kekurangan jenis vitamin ini didapatkan memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi terkait beragam makanan penyebab. 

Melawan Kanker 

Vitamin D sangat potensial mengurangi risiko peradangan sampai melawan kanker! Dengan mengonsumsi suplemen vitamin D sesuai saran dari dokter ahli, perkembangan sel kanker bisa diperlambat. Bahkan vitamin D bisa merangsang kematian sel kanker. 

Sekarang sudah tahu pentingnya mengonsumsi suplemen vitamin D, bukan? Namun jangan lupa, selalu konsultasikan anjuran pengonsumsian suplemen Anda ke dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang tidak diharapkan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *