Ampuh Atasi Kandidiasis, Bagaimana Cara Kerja Diflucan 150 mg?

Diflucan 150 mg merupakan obat dalam bentuk kapsul yang digunakan untuk mengatasi gejala kandidiasis. Kandidiasis sendiri adalah kondisi infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur candida.

Infeksi jamur candida bisa terjadi karena pertumbuhan jamur di kulit yang dipicu oleh kondisi kulit yang lembab dan kotor. Kondisi ini bukanlah kondisi yang berbahaya, namun tetap perlu diatasi karena berpotensi menyebabkan gangguan saat akan melakukan aktivitas sehari-hari.

Fluconazole sebagai komposisi utama Diflucan 150 mg

Obat Diflucan menggunakan fluconazole sebagai komposisi utamanya. Terdapat 150 mg kandungan fluconazole di dalam setiap kapsul obat Diflucan. 

Fluconazole merupakan jenis obat yang sangat umum digunakan untuk mengobati infeksi jamur. Kandungan ini dapat bekerja untuk menyembuhkan infeksi jamur yang terjadi di bagian tubuh manapun, termasuk di dalam mulut, di tenggorokan, kerongkongan, paru-paru, kandung kemih, area genital, dan lain sebagainya.

Selain itu, fluconazole juga sering dipakai sebagai pengobatan infeksi jamur pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah karena pengobatan kanker atau penyakit lainnya. Dalam beberapa kasus, kandungan ini juga dipakai pada pengobatan untuk pasien penderita HIV atau AIDS. 

Perlu diperhatikan, fluconazole dianggap sebagai golongan obat keras. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa mendapatkan obat Diflucan 150 mg secara sembarangan. Anda perlu mendapatkan resep dari dokter untuk bisa mendapatkan obat tersebut.

Faktor pemicu keparahan kandidiasis

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kandidiasis yang parah, beberapa di antaranya meliputi: 

  • Tidak menjaga kebersihan kulit

Jamur sangat mudah tumbuh pada area kulit yang kotor dan lembab. Jika Anda tidak membiasakan diri untuk membersihkan kulit menggunakan sabun, maka Anda rentan mengalami kondisi ini.

Selain itu, tidak mengganti pakaian saat sudah lembab atau basah juga bisa membuat kulit Anda menjadi lembab dan memicu tumbuhnya jamur. Jika kulit berkeringat atau terkena hujan, sebaiknya segera ganti pakaian Anda. 

  • Memiliki kadar gula darah tinggi

Penggunaan obat Diflucan 150 mg tidak akan maksimal selama kadar gula darah Anda masih tinggi. Penelitian telah membuktikan bahwa pertumbuhan jamur di kulit semakin mudah terjadi ketika Anda memiliki kadar gula darah yang tinggi. 

Gula dalam darah Anda akan menjadi asupan makanan bagi jamur candida. Inilah yang membuat infeksi jamur Anda akan semakin parah. Ketika Anda menderita kandidiasis, sebaiknya lakukan diet sehat untuk menurunkan kadar gula darah menjadi normal kembali.

  • Memakai pakaian ketat

Pakaian yang ketat akan memicu pertumbuhan jamur. Karena, saat memakai pakaian ketat, kulit Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk bernapas dengan bebas. 

Keringat pada kulit juga lebih mudah menempel pada pakaian yang terlalu ketat, apalagi pada kaos kaki dan pakaian dalam. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari memakai pakaian ketat setiap saat jika ingin terhindar dari kandidiasis.

Itulah beberapa faktor yang bisa memicu keparahan kandidiasis. Sambil menggunakan obat Diflucan 150 mg, sebaiknya Anda tetap melakukan upaya untuk menghindari hal-hal di atas, agar penyembuhan semakin maksimal.

Perlu diingat, Anda perlu resep dari dokter untuk bisa mendapatkan obat Diflucan. Jadi, sebelum membelinya, pastikan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter mengenai kondisi Anda.

Ingatlah juga untuk meminum obat Diflucan 150 mg sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Hal ini penting untuk menghindari efek samping akibat pemakaian obat yang berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *