Bagaimana Cara Memilih Body Lotion untuk Kulit Kering?

Bagaimana Cara Memilih Body Lotion untuk Kulit Kering?

Kulit kering sering menjadi masalah bagi beberapa orang. Oleh karena itu, mereka harus menggunakan losion atau pelembab yang tepat untuk kulit kering mereka. Pasalnya, body lotion tersebut tidak hanya berfungsi untuk melembapkan saja, namun juga menyehatkan. 

Lalu, bagaimana cara memilih body lotion untuk kulit kering yang baik? Yuk, simak terus artikel berikut untuk mengetahui bagaimana cara memilih pelembap yang baik untuk kulit kering Anda. 

Bahan losion yang membantu kulit kering

Ada berbagai bahan berbeda yang digunakan untuk melembapkan dan memelihara kulit. Pilihan terbaik untuk Anda tergantung pada gejala spesifik Anda dan apakah Anda memiliki kondisi kulit seperti eksim. Saat memilih losion, perhatikan setidaknya satu dari berikut pada label kemasan yang terbukti secara klinis dapat meningkatkan penyerapan kelembapan kulit:

  • Shea butter
  • Asam hialuronat
  • Mentega kakao
  • Sliserin
  • Ceramides
  • Oatmeal koloid
  • Petrolatum
  • Dimetikon

Cara memilih body lotion untuk kulit kering

Memilih losion untuk kulit kering tergantung pada sejumlah faktor. Meskipun Anda perlu mempertimbangkan tujuan Anda dan bagaimana Anda ingin tampilan kulit Anda, penting juga untuk memikirkan kondisi kulit Anda saat ini, seperti kulit Anda. Ini akan membantu Anda memilih pelembap yang paling sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. 

  1. Bahan 

Langkah pertama dalam memilih losion terbaik untuk kulit kering Anda adalah menemukan yang mengandung bahan yang tepat. Misalnya, kondisi seperti jerawat pada wajah dan tubuh mengharuskan Anda tetap menggunakan bahan nonkomedogenik, yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori. 

Penelitian menunjukkan bahwa bahan-bahan seperti petrolatum, lanolin, dan minak mineral dapat menimbulkan masalah jerawat. Sebaliknya, penderita eksim atau kulit sangat kering mendapatkan manfaat dari krim dan salep daripada losion berbahan dasar air. Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda, jadi perjelas kondisi kulit Anda sebelum menilai bahan-bahannya. 

  1. Tujuan kulit

Selain untuk melembapkan kulit, pertimbangkan apakah Anda memiliki tujuan kulit lainnya. Misalnya saja untuk membantu peradangan, Anda dapat menggunakan losion berbahan asam hialuronat dan asam alfa hidroksida. 

Minyak mineral, petroleum jelly, dan lilin lebah paling banyak untuk penderita eksim dan alergi kulit. Jika tujuan Anda adalah peremajaan kulit karena penuaan atau paparan sinar matahari, kolagen, elastin, dan keratin adalah pilihan terbaik. 

  1. Aroma dan konsistensi

Terakhir, penting untuk memilih losion yang memiliki aroma dan konsistensi yang Anda sukai. Mengenakan body lotion untuk kulit kering setiap hari penting untuk memastikan hasil yang optimal. Namun, jika losion terasa terlalu berminyak atau tidak cukup melembapkan, kemungkinan besar Anda tidak akan menggunakannya. 

Apa perawatan terbaik untuk kulit kering?

Selain menggunakan body lotion atau pelembap, Anda dalam melakukan beberapa langkah ini untuk mengatasi kulit kering, meliputi:

  • Jarang mandi. Hal ini mungkin tidak sesuai dengan kebiasaan Anda, tetapi yang terbaik adalah menghentikan mandi harian Anda. Terlalu sering mandi pun dapat menghilangkan kelembapan pada kulit Anda. 
  • Pilih sabun yang cocok. Pilihlah sabun mandi yang lembut. Disarankan untuk menggunakan sabun cair daripada sabun batangan. 
  • Gunakan air hangat. Jangan mandi dengan air yang terlalu hangat, tapi gunakan air hangat-hangat kuku, bukan panas. Air panas menguapkan kelembapan di kulit Anda. 
  • Jangan handukan sampai benar-benar kering. Setelah Anda mandi, tepuk-tepuk tubuh dengan handuk namun jangan terlalu kering, tetapi berikan sedikit air pada kulit Anda. Kemudian oleskan pelembap Anda dalam waktu tiga menit untuk membantu menahan kelembapan di kulit. 
  • Gunakan pelembap. Melembapkan kulit setiap kali Anda mandi atau kulit terasa kering. Mengembalikan minyak yang hilang saat Anda mencuci akan melindungi kulit Anda. 

Jadi, body lotion untuk kulit kering adalah salah satu strategi yang terbukti efektif dalam mengatasi kulit kering. Hal ini telah ditunjukkan bahwa losion dapat memperbaiki tekstur kulit dan berfungsi sebagai pelindung kulit serta mengurangi kekeringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *