Tips Membuat Bayi Menangis Cepat Tenang

Tips Membuat Bayi Menangis Cepat Tenang

Siapapun sebenarnya tahu bahwa ketika bayi menangis, ada suatu ketidaknyamanan yang hendak ia sampaikan. Namun ada kalanya, Anda pasti akan dibuat pusing sendiri oleh ulah sang buah hati yang terus-menerus menangis dan sulit dihentikan. 

Anda mungkin mencoba untuk mengidentifikasi apa penyebab bayi menangis dan mencari solusi untuk masalah tersebut. Namun hasilnya, ketika Anda sedang melakukan observasi tersebut, tangisan bayi semakin kencang dan memekakkan telinga. 

Tidak usah terlalu bingung mengenai penyebab bayi menangis. Apapun penyebabnya, coba lakukan beberapa tips di bawah ini agar tangisnya cepat mereda. Bayi dan Anda pun bisa sama-sama tenang. 

  1. Segera Susui 

Anda mungkin berpikir belum tentu bayi menangis karena lapar jadi jangan terburu-buru disuse. Nyatanya, bayi menangis memang tidak selalu lapar. Namun, sebagian besar bayi yang menangis akan langsung tenang begitu disusui, apapun penyebab tangisannya. 

  1. Alihkan dengan Suara 

Bayi sangat peka ketika ada suara baru. Konsentrasinya pun bisa langsung tertuju ke arah suara. Bahkan ketika bayi menangis, suara yang tiba-tiba muncul, bisa berupa teriakan Anda ataupun musik yang asing, dapat langsung membuatnya diam seketika untuk memperhatikan suara tersebut dengan lebih saksama. 

  1. Gendong Bayi 

Coba segera gendong bayi ketika ia menangis. Gendongan Anda membuatnya merasa diperhatikan. Saat menggendong, bayi juga merasa lebih aman karena merasa dipeluk. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menggendong bayi menangis. Jangan terlalu takut nantinya bayi akan “bau tangan”. Nyatanya, bayi butuh perasaan aman agar tumbuh menjadi anak yang lebih mandiri dan kuat.

  1. Ajak Melihat Atas 

Alihkan perhatian bayi dengan mengajaknya sesuatu di bagian atas. Melihat ke atas akan membuat air mata bayi cepat mereda. Ia pun akan lebih tenang dan mencoba memperhatikan objek yang Anda tunjukkan di bagian atas. 

  1. Belai Punggung Si Kecil 

Cara ini pun sangat ampuh membuat bayi menangis menjadi lebih tenang. Anda hanya perlu membelai punggung si kecil secara perlahan. Jika bayi terus bergerak dan tidak bisa diam, coba pegang si kecil dan tengkurapkan supaya Anda lebih mudah membelainya. 

  1. Bawa Berjalan-jalan 

Membawa bayi berjalan-jalan dapat menjadi kunci untuk menenangkan bayi. Cobalah bawa ia berjalan-jalan ke luar rumah. Kondisi ruangan terbuka yang lebih tenang umumnya membuat bayi merasa lebih tenang dan tidak teroverstimulasi sehingga tangisan bayi cepat mereda.

  1. Pijatan Lembut di Perut 

Banyak kejadian bayi menangis karena perutnya terasa kembung dan tidak nyaman. Anda bisa menyiasatinya dengan memijat lembut bagian perut bayi. Tidak perlu gunakan minyak atau losion. Anda hanya perlu memijat lembut dengan gerakan melingkar searah jarum jam untuk membuat perutnya lebih nyaman. 

  1. Mandikan Bayi 

Anda mau bayi menangis segera cepat tenang? Coba persiapkan perlengkapan mandinya. Segerakanlah mandikan bayi dengan air hangat untuk membuatnya lebih rileks sehingga ia pun menjadi berhenti menangis. 

  1. Tertawalah!

Bayi adalah peniru yang baik. Ketika bayi menangis, jangan langsung panik atau malah ikut menangis. Itu hanya membuat tangisan bayi semakin kencang. Sebaliknya, cobalah tersenyum atau tertawa. Umumnya, bayi akan menghentikan tangisannya secara perlahan melihat tawa Anda. Sampai akhirnya, dia pun akan ikut tertawa juga. 

  1. Ganti Popoknya

Salah satu penyebab bayi menangis adalah popok yang penuh. Namun walaupun belum penuh, tidak ada salahnya mencoba mengganti popoknya untuk membuatnya lebih tenang. Soalnya bisa jadi, walaupun popoknya belum penuh, ia merasa tidak nyaman sebab popoknya terasa agak lembap. 

*** 

Tidak perlu panik bukan melihat bayi menangis? Yuk, segera praktikkan tips-tips simpel di atas dan buktikan sendiri bayi akan cepat merasa tenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *