Benarkah Khitan Adalah Hal yang Wajib Dilakukan untuk Bayi?

Salah satu pertanyaan pertama yang mungkin ditanyakan oleh dokter anak setelah kelahiran putra Anda adalah apakah Anda berencana untuk menyunatnya. Sunat atau khitan adalah prosedur bedah yang relatif umum di mana kulup bayi, tudung kulit yang menutupi kepala penis mereka diangkat. Jika bayi akan menjalani operasi, biasanya dilakukan sebelum mereka meninggalkan rumah sakit, 2 atau 3 hari setelah lahir. Jika Anda mempertimbangkannya, inilah yang perlu Anda ketahui.

Apa itu khitan?

Kulit kulup umumnya menutupi kepala penis, atau kepala penis. Dengan memotongnya melalui operasi, maka penis akan kehilangan kupu, sehingga dapat terlihat langsung ujung penis. Praktek sunat sudah ada sejak Mesir kuno. Prosedur ini dipercaya dapat membantu pria menjaga kebersihan pada area intim. Meskipun itu benar, sunat saat ini dilakukan terutama untuk alasan agama atau budaya. 

Persiapan sebelum sunat

Jika Anda ingin menyunat bayi, bicarakan dengan dokter yang akan melakukan prosedur tersebut. Anda bisa berdiskusi dengan dokter anak, dokter keluarga, ahli urologi, ahli neonatologi, atau bahkan ahli bedah anak.

Meskipun sebagian besar bayi dapat disunat dalam waktu 2 hari setelah lahir, Anda mungkin perlu menunggu jika bayi Anda prematur, lahir dengan masalah pada penisnya, atau memiliki masalah pendarahan atau keluarga memiliki riwayat tersebut.

Dokter akan menjelaskan risiko dan manfaat dari operasi tersebut. Ini adalah kesempatan Anda untuk mengajukan pertanyaan apa pun yang Anda miliki tentang prosedur ini. Setelah puas bertanya, Anda akan menandatangani formulir persetujuan yang memberikan izin Anda untuk operasi.

Apa yang terjadi selama sunat?

Jika prosedurnya terjadi ketika bayi baru lahir, mereka umumnya akan terjaga selama sunat. Bayi umumnya akan menggunakan pita Velcro atau pengekangan lain yang digunakan untuk menjaga lengan dan kaki supaya tetap diam, sehingga tidak melukai bekas jahiitan.

Dokter akan membersihkan area penis dengan antiseptik, kemudian menyuntikkan obat bius ke pangkal penis untuk meredakan rasa sakit. Terkadang dokter mengoleskan pereda nyeri sebagai krim. Dokter juga akan merekomendasikan untuk membungkusnya setelah prosedur dengan selimut. Bayi juga dapat diberikan asetaminofen untuk meredakan rasa sakit.

Tiga jenis klem atau cincin plastik yang berbeda digunakan untuk sunat klem gomco, alat plastibell, dan klem mogen. Akan tetapi tidak semua prosedurnya serupa. Dokter bisa saja menjepit atau memasang cincin pada penis dan dokter memotong kelebihan kulup. Dokter kemudian mengoleskan salep seperti petroleum jelly ke penis dan membungkusnya dengan kain kasa. Biasanya selesai dalam waktu sekitar 10 menit. Jika dilakukan di rumah sakit, bayi umumnya tidak membutuhkan perawatan lebih, dan Anda bisa membawanya pulang dalam beberapa jam.

Lakukan hal ini setelah bayi sunat

Setelah disunat, bayi Anda mungkin rewel dan sangat sensitif. Pegang mereka dengan hati-hati agar Anda tidak menekan penisnya. Ujungnya mungkin sakit, dan penis itu sendiri mungkin terlihat merah dan bengkak. Anda mungkin melihat kerak kuning di ujungnya juga. Kondisi ini normal dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Butuh waktu seminggu hingga 10 hari agar penis putra Anda sembuh sepenuhnya.

Tidak apa-apa untuk mencuci penis mereka saat sembuh. Anda harus mengganti perban mereka setiap kali mengganti popok, oleskan setetes petroleum jelly terlebih dahulu agar tidak menempel pada popok mereka. Sekitar 48 jam setelah prosedur, perban biasanya tidak boleh dipasang kembali setelah dilepas. Pelumas, harus tetap digunakan agar penis tidak menempel pada popok. Jika tinja mengenai penis mereka, bersihkan dengan lembut dengan air sabun hangat. Untuk mencegah infeksi, sering-seringlah mengganti popok dan kencangkan dengan longgar.

Khitan adalah prosedur yang aman dan sebagian besar tidak memiliki masalah. Hanya sekitar 1% yang mengalami komplikasi. Hubungi dokter jika:

– Bayi Anda tidak buang air kecil dalam waktu 12 jam setelah disunat.

– Anda melihat darah di popok mereka lebih besar dari ukuran seperempat.

– Kemerahan atau pembengkakan di sekitar penis mereka menjadi lebih buruk, tidak lebih baik.

– Anda melihat tanda-tanda infeksi, seperti nanah.

– Berbau busuk, drainase keruh berasal dari ujung penis mereka.

– Cincin plastik yang digunakan saat khitanan tidak terlepas setelah 2 minggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *