Bukan Hanya Daging, Buah Tropis Ini Juga Kaya akan Protein

buah yang mengandung protein

Terdapat dua jenis protein, yaitu hewani dan nabati. Protein hewani berasal dari hewan seperti daging merah, telur, susu, dan produk hewani lainnya. Sedangkan protein hewani berasal dari tumbuhan seperti buah, sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Beberapa orang mungkin tidak boleh terlalu banyak atau menghindari mengkonsumsi produk hewani. Dengan mengonsumsi buah yang mengandung protein, Anda bisa mencukupi kebutuhan protein harian Anda.

Daftar buah yang mengandung protein

Buah bisa menjadi sumber protein yang bagus, walaupun kandungannya tak sebanyak sayur, kacang, dan sumber protein hewani.

Berikut ini beberapa buah yang mengandung protein tinggi yang bisa dengan mudah Anda temukan:

  1. Pisang

Pisang merupakan buah tropis asli Asia. Buah berwarna kuning ini merupakan sumber kalium yang bisa menambah energi Anda ketika sedang beraktivitas.

Dalam sebuah penelitian, efek dari mengkonsumsi pisang setara dengan minuman berenergi. Hal tersebut tak mengherankan karena satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 1,3 gram protein.

  1. Jambu biji

Jamu biji merupakan buah yang mengandung protein tertinggi. 100 gram jambu biji mengandung 2,6 gram protein, memenuhi 5% kebutuhan nutrisi harian (DV). Kaya serat dan antioksidan, jambu biji juga bisa memenuhi hingga 4 kali lipat kebutuhan vitamin C harian Anda.

Jambu biji lebih sering diolah menjadi jus. Anda juga bisa mencampurnya dengan sumber protein lain seperti plain yogurt atau susu.

  1. Alpukat

Jus alpukat menjadi primadona karena rasanya yang lezat. Alpukat juga dimasukkan ke dalam menu diet karena efeknya yang membuat perut kenyang lebih lama. Disamping itu, alpukat menempati urutan kedua buah dengan kandungan protein tertinggi. Rata-rata satu buah alpukat menyediakan 4 gram protein atau 8% DV.

Ada banyak ide mengonsumsi alpukat. Salah satunya adalah menjadikan alpukat sebagai topping roti bakar Anda saat sarapan.

  1. Nangka

Nangka mengemas 3 gram protein per cangkir. Buah kerabat durian ini juga mengandung serat, vitamin C, dan kalium yang kandungannya setara dengan buah pisang.

  1. Jeruk

Jeruk tak hanya sumber vitamin C yang bagus, tapi juga protein. Satu cangkir buah jeruk mengandung 1,7 gram protein, memenuhi 3% nutrisi harian Anda. Jeruk bali juga pilihan yang bagus, dimana satu buahnya bisa menyediakan hingga 1,6 gram protein.

Asupan protein harian yang disarankan

Protein merupakan nutrisi yang memiliki peran penting dalam tubuh. Tapi mendapatkan asupan protein terlalu banyak juga tidak baik, dan bisa menimbulkan efek samping.

The Dietary Guidelines USDA menyarankan untuk mendapatkan 46 gram protein per hari bagi wanita dewasa, dan laki-laki berkisar antara 52 dan 56 gram protein per hari. Angka ini bisa berubah tergantung pada usia, berat badan, dan aktivitas Anda.

Catatan

Ketika masuk ke dalam tubuh, protein akan dipecah menjadi asam amino. Keduanya digunakan dalam proses metabolisme. Namun sumber buah yang mengandung protein mengandung lebih sedikit asam amino daripada sumber hewani, sehingga kualitas proteinnya lebih rendah.

Kabar baiknya, mendapatkan protein dari sumber nabati tidak akan memberikan Anda efek seperti kolesterol tinggi dan lemak jenuh sehingga aman dari risiko penyakit jantung.

Produk nabati juga mengemas serat yang tinggi sehingga Anda akan menerima lebih banyak manfaat kesehatan.

Sebelum memulai diet atau memutuskan untuk fokus ke makanan nabati, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Anda bisa menanyakannya langsung melalui aplikasi kesehatan SehatQ.

Download aplikasinya sekarang juga di App Store atau Google Play Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *