Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat dengan Filler, Apakah Ampuh?

Bopeng bekas jerawat mengakibatkan tekstur wajah tidak rata sehingga menimbulkan rasa tidak percaya diri seseorang. Berbagai cara menghilangkan bopeng jerawat dilakukan agar kulit wajah kembali mulus seperti semula. Ada banyak cara yang bisa dilakukan mulai dari penggunaan bahan-bahan alami sampai penanganan medis seperti filler. 

bopeng

Apakah filler terbukti ampuh?

Filler terbukti mampu memperbaiki tampilan bopeng bekas jerawat dengan cara menstimulasi jaringan lunak di kulit. Semakin samar bopeng, maka penanganan dan pemulihan akan semakin mudah, begitu pula sebaliknya. Terdapat beberapa jenis filler yang tersedia, berikut ini merupakan dua jenis filler yang diklaim memiliki hasil paling maksimal:

  1. Hyaluronic acid gel

Jenis filler ini cenderung tidak menyebabkan inflamasi dan memberikan hasil paling natural. Hyaluronic acid pada dasarnya memang secara alami terdapat di tubuh, sehingga dianggap formula terbaik dalam memperbaiki bopeng atau luka yang membuat tekstur kulit tidak merata. 

Jangka waktu filler bertahan di kulit berbeda-beda tergantung dengan kondisi kulit serta keparahan bopeng atau dalam rentang 6-12 bulan. 

  1. Kolagen

Jika Anda memiliki bopeng bekas jerawat dengan level sedang hingga parah, mungkin jenis filler kolagen dapat menjadi alternatif pilihan perawatan. Pada dasarnya, kolagen memiliki porsi besar dalam protein kulit. Kolagen didapatkan dari jaringan lunak sapi atau langsung dari sel manusia. Efek filler kolagen bertahan di kulit paling pendek diantara jenis lainnya, yakni hanya 3-4 bulan.

Baik hyaluronic acid gel maupun kolagen, penggunaannya telah disetujui oleh Food and Drug Administration. Perlu digarisbawahi, FDA hanya menyetujui jenis filler yang terbuat dari bahan yang tidak diserap tubuh dan bersifat sementara. Beberapa filler juga mengandung lidocaine yang berfungsi mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan saat proses penyuntikan. 

Prosedur filler

Dokter atau dermatologis perlu mengetahui riwayat medis pasien sehingga penanganan akan disesuaikan dengan kondisi pasien. Risiko dan hasil juga dapat diperkirakan sehingga pasien perlu memberitahu kondisinya berkaitan dengan obat-obatan dan suplemen yang sedang dikonsumsi. 

Secara umum, filler dilakukan melalui beberapa langkah, diantaranya:

  1. Penilaian dan pemetaan wajah

Dokter ahli atau dermatologis akan mengevaluasi tingkat keparahan dan banyaknya bopeng di wajah. Cara tersebut bisa dilakukan dengan memperbesar area wajah mengguanakan alat khusus. 

  1. Pembersihan wajah dan anastesi

Bagian yang akan difiller dibersihkan menggunakan bahan antibakteri terlebih dahulu. Rasa nyeri saat penyuntikan juga akan diatasi menggunakan anastesi. Beberapa cara anastesi yang dilakukan yakni penggunaan salep anastesi khusus, suntikan anastesi lokal, atau bahan yang mendinginkan kulit

  1. Proses penyuntikan

Pada tahap ini dilakukan tindakan penyuntikan dan evaluasi hasil penyuntikan. Filler yang disuntikkan akan disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan jumlah bopeng yang akan diperbaiki. Lama penyuntikan pun beragam dan tidak bisa dipastikan.

  1. Pemulihan

Anda akan dikompres menggunakan es untuk mengurangi efek bengkak yang muncul. Biasanya, kulit wajah akan menjadi sedikit lunak selama satu sampai dua hari, namun Anda tidak perlu khawatir sebab hal tersebut tidak cukup menyakitkan sehingga tidak membutuhkan obat apa pun. 

Efek samping

Cara menghilangkan bopeng menggunakan filler akan menimbulkan reaksi yang berbeda untuk setiap individu. Berikut merupakan reaksi-reaksi yang mungkin akan muncul:

  • Memar yang kira-kira berlangsung sampai satu minggu setelah perawatan
  • Bengkak
  • Kemerahan

Tidak semua orang mengalami ketiga efek samping tersebut, bisa jadi hanya satu atau dua efek, tergantung pada respon tubuh masing-masing.

Sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan filler sebagai salah satu cara menghilangkan bopeng jerawat, Anda harus mempertimbangkan segala risikonya. Sebab, cara ini cenderung invasif dibandingkan dengan tindakan medis penghilangan bopeng lainnya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *