Cara Menghilangkan Wajah Bengkak Berdasarkan Penyebabnya

Terdapat berbagai faktor penyebab wajah bengkak, seperti alergi, penyakit tertentu, cedera, bahkan terlalu banyak menangis. Cara menghilangkan wajah bengkak secara tepat, tentu perlu disesuaikan dengan penyebabnya itu sendiri. Dalam kasus tertentu, wajah yang bengkak perlu diatasi dengan bantuan dokter, namun ada juga cara menghilangkan wajah bengkak yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah.

cara menghilangkan bengkak wajah

Bagaimana cara menghilangkan wajah bengkak?

Di bawah ini, terdapat beberapa cara menghilangkan wajah bengkak, yang dapat Anda coba sendiri di rumah.

  • Kompres dengan es

Jika penyebab wajah bengkak Anda akibat cedera, alergi, kurang tidur, atau salah makan, mengompres wajah dengan es dapat menjadi pertolongan pertama untuk menghilangkan bengkak di wajah. 

Sebagai catatan, Anda tidak direkomendasikan untuk menempelkan es secara langsung, melainkan dengan melapisi handuk terlebih dulu, baru es ditempelkan pada area wajah yang bengkak. Ulangi cara menghilangkan wajah bengkak ini selama beberapa kali, hingga bengkak mulai terasa berkurang.

  • Kompres dengan kantong teh

Sudah pernah mencoba untuk mengompres wajah dengan kantong teh? Cara menghilangkan bengkak di wajah dengan metode ini cukup mudah dilakukan. Hanya saja, tidak semua jenis kantong teh dapat digunakan. Pilihlah teh yang mengandung banyak kafein, seperti teh oolong atau teh hitam.

Anda perlu menyeduh teh celup menggunakan air hangat terlebih dulu, lalu mendiamkan kantong tehnya beberapa saat hingga mencapai suhu ruang. Jika sudah, maka kantong teh siap digunakan untuk mengompres area wajah yang bengkak. 

Kafein dalam teh berguna untuk mengecilkan pembuluh darah dan membantu mengatasi bengkak di wajah.

  • Konsumsi asupan bergizi

Pembengkakan pada wajah dapat menjadi tanda adanya peradangan yang memicu timbulnya penyakit tertentu. Beberapa makanan yang diyakini mampu meredakan peradangan tersebut, antara lain:

  1. Buah
  2. Sayur
  3. Cokelat
  4. Kunyit
  5. Jahe
  6. Teh hijau
  • Mengurangi konsumsi garam

Bengkak di wajah dapat terjadi akibat mengonsumsi garam secara berlebihan. Biasanya, kondisi ini sering kali dialami oleh individu yang sering mengonsumsi makanan tinggi garam, seperti mie instan di malam hari.

Tanpa Anda sadari, mengonsumsi garam secara berlebihan dapat membuat tubuh menumpuk lebih banyak cairan. Kondisi ini disebabkan, karena natrium dalam garam itu sendiri bersifat menahan air, sehingga dapat membuat wajah atau anggota tubuh lain terlihat bengkak.

  • Mengonsumsi obat

Jika cara alami di atas tidak dapat mengatasi bengkak di wajah Anda, mengonsumsi obat tertentu menjadi alternatif lain untuk mengatasinya. 

Umumnya, bengkak di wajah yang disebabkan oleh reaksi alergi ringan akan mudah diatasi dengan mengonsumsi obat tertentu, seperti obat antihistamin. Di samping itu, obat antiradang atau anti-inflamasi seperti NSAID juga dapat meredakan pembengkakan di wajah. Obat ini juga bekerja dengan mengurangi rasa nyeri yang timbul.

Jika wajah bengkak yang Anda alami disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti sinusitis, gigi berlubang, cellulitis, atau actinomycosis, biasanya dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk meredakan pembengkakan yang Anda alami. Obat antibiotik yang diresepkan pun akan berbeda, sesuai dengan bakteri penyebab bengkak di wajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *