Cara Rumahan untuk Membantu Ibu Menyusui Susah Bab

ibu menyusui susah bab

Sembelit adalah masalah yang umum dialami ibu hamil dan banyak ibu menyusui. Kondisi ini sangat tidak nyaman dan bahkan termasuk salah satu komplikasi terburuk setelah melahirkan.

Ada beberapa penyebab ibu mengalami sembelit pascapartum, misalnya hormon yang belum stabil. Artikel berikut akan memberikan beberapa cara untuk membantu ibu menyusui susah BAB.

Alasan ibu menyusui susah BAB

Sembelit biasanya dimulai pada kehamilan, memuncak setelah melahirkan, dan berlanjut hingga tahap menyusui. Pada beberapa kasus sembelit pada ibu berlangsung hingga anak mulai memasuki usia balita.

Ibu menyusui susah BAB disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor, antara lain:

  • Perubahan hormonal, yaitu tingginya tingkat progesteron sejak kehamilan
  • Kerusakan pada sfingter ani atau otot dasar panggul yang terjadi selama proses persalinan
  • Kerja sistem pencernaan melambat
  • Dehidrasi
  • Efek dari konsumsi obat atau suplemen tertentu, misalnya suplemen zat besi atau obat opioid untuk menghilangkan rasa sakit selama persalinan
  • Melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4,5 kg
  • Efek samping penggunaan instrumen selama proses persalinan, seperti forsep atau ventouse

Komplikasi lain yang menyerang ibu pasca persalinan

Selain sembelit, ibu pasca melahirkan juga bisa mengalami masalah lain yang dapat mengganggu kenyamanan ibu selama proses menyusui. Berikut diantaranya:

  • Wasir

Banyak wanita mengalami waisr setelah melahirkan. Gejalanya berupa gatal dan nyeri pada dubur, pendarahan setelah buang air besar, atau area di sekitar anus membengkak. Wasir juga bisa menjadi penyebab ibu menyusui susah BAB.

  • Pendarahan vagina

Pasca melahirkan, setiap wanita akan melewati masa nifas dan keluarnya lokia atau darah nifas dari vagina. Awalnya pendarahan yang keluar berupa gumpalan kecil dan berwarna merah terang. Setelah dua hingga enam minggu, warnanya akab berubah menjadi coklat kemerahan kemudian memudar menjadi krem atau putih.

  • Postpartum blues

Postpartum blues atau baby blues adalah depresi ringan yang dirasakan ibu pasca melahirkan. Sekitar 60-80% wanita mengalami kondisi ini.

Gejalanya akan tampak dalam 1-2 minggu pertama setelah persalinan, dan dapat berlangsung selama beberapa minggu setelahnya. Gejalanya termasuk perasaan lelah, perubahan suasana hati, frustasi atau mudah marah, menangis tiba-tiba, dan gangguan tidur.

  • Depresi pascapartum

Depresi pascapartum (PDD) adalah kondisi lanjutan dari baby blues yang berarti depresi akan semakin memburuk. Gejalanya mirip dengan baby blues namun lebih intens, termasuk pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau bayi.

Cara mengatasi susah BAB pada ibu menyusui

Menurut sebuah penelitian di Kanada, 60 persen wanita mengalami sembelit setiap minggu, dan 90 persen mengalami susah BAB setidaknya satu kali dalam sebulan. Hal ini berlaku pada semua wanita menyusui, yang berarti tidak semuanya mengalami sembeti pascapartum.

Perawatan pertama untuk mencegah dan meredakan konstipasi pada ibu menyusui datang dari rumah. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Makan makanan kaya serat

Serat adalah nutrisi penting yang berperan dalam mendukung kesehatan sistem pencernaan serta melancarkan BAB. Wanita membutuhkan 25 gram serat per hari, namun kebanyakan dari mereka hanya menerima 15 gram per hari.

Kacang-kacangan, biji-bijian, buah dan sayur adalah sumber serat alami. Plum menjadi pilihan terbaik, karena penelitian menemukan bahwa efek dari makan dua atau tiga buah plum setara dengan meminum obat pencahar.

  • Cukupi kebutuhan cairan

Saat ibu menyusui, sebagian air biasanya langsung masuk ke usus besar untuk membantu produksi ASI. Tanpa air yang cukup, usus besar akan mengambil cairan dari sisa makanan sehingga menyebabkan feses lebih keras dan sulit untuk keluar.

Bagi ibu menyusui, 10-12 gelas air sehari adalah rekomendasi wajib. Ditambah lagi selain air yang cukup, menambah asupan serat justru dapat memperburuk sembelit dan menyebabkan gas, kembung, dan refluks.

  • Aktif bergerak

Aktivitas fisik membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Berolahraga setelah melahirkan mungkin akan melelahkan. Sebagai gantinya ibu bisa berjalan-jalan santai atau melakukan peregangan ringan.

  • Memijat perut

Menurut Dr. Pagliano, seorang ahli terapis, memijat perut merupakan cara sederhana dan efektif untuk merangsang buang air besar.

Pijat perut dengan lembut mengikuti jalur usus besar. Dimulai dari tulang pinggul di kanan bawah, gerakkan ke atas melintasi perut hingga tepat di bawah tulang rusuk, turun ke arah tulang pinggul kiri, kembali ke pusar, lalu turun ke area kemaluan. Untuk hasil terbaik, lakukan pijatan sebelum atau setelah makan.

Jika cara di atas tetap tidak bekerja, Anda bisa berdiskusi dengan dokter untuk menerima obat sembelit pascapartum. Pada dasarnya obat ini bisa dengan mudah ditemukan di apotek, namun akan lebih baik jika menggunakannya sesuai arahan dokter.

Apabila ibu menyusui susah BAB mengalami gejala lain yang menyertai, segera hubungi dokter untuk meminta perawatan lebih lanjut. Anda bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi kesehatan SehatQ dengan mendownload aplikasinya di App Store atau Google Play Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *