Cara Sederhana yang Ampuh Menghilangkan Bau Badan

Bau badan adalah bau tidak sedap yang dirasakan tubuh Anda saat bakteri yang hidup di kulit memecah keringat menjadi asam. Bau badan dapat terjadi pada siapa saja, tetapi Anda bisa melakukan beberapa cara menghilangkan bau badan.

Orang yang terlalu banyak berkeringat, seperti penderita hiperhidrosis, mungkin juga rentan terhadap bau badan. Namun, seringkali kadar garam dari keringat Anda terlalu tinggi untuk diurai oleh bakteri. Hal ini tergantung di mana keringat berlebih itu terjadi dan jenis kelenjar keringat yang terlibat. Bau badan merupakan hal yang kurang menyenangkan, berikut beberapa cara sederhana untuk menghilangkan bau badan:

  • Menjaga tubuh tetap bersih 

Mandi setidaknya sekali sehari, dan Anda akan menghilangkan keringat dan menyingkirkan beberapa bakteri di kulit Anda. Keringat dengan sendirinya pada dasarnya tidak berbau. Tetapi ketika bakteri yang hidup di kulit Anda bercampur dengan keringat, mereka berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

  • Menggunakan sabun antibakteri

Mencuci secara menyeluruh dengan sabun antibakteri akan membantu menghilangkan beberapa bakteri, yang dapat membantu menghilangkan bau pada badan.

  • Membersihkan dengan baik

Setelah Anda mandi, keringkan diri Anda sepenuhnya, perhatikan area di mana Anda banyak berkeringat. Jika kulit Anda kering, bakteri penyebab bau badan lebih sulit berkembang biak di atasnya.

  • Gunakan deodorant 

Setelah Anda bersih dan kering, gunakan deodorant yang kuat pada ketiak Anda.  Bahan kimia ini mengandung aluminium klorida, bahan kimia yang membantu menahan keringat. Deodorant menjadi salah satu cara ampuh menghilangkan bau badan. 

  • Jaga kebersihan baju

Ganti pakaian sesering mungkin saat Anda berkeringat banyak. Pakaian segar membantu mengurangi bau badan. Pastikan untuk mengganti kaus kaki Anda juga, terutama jika Anda cenderung memiliki bau kaki.  

  • Mengurangi makanan atau minuman tertentu

Apa yang Anda makan mempengaruhi bau badan Anda. Makanan yang cenderung membuat Anda lebih banyak berkeringat, seperti cabai atau makanan pedas lainnya, juga dapat menyebabkan bau badan. Dan aroma makanan seperti bawang merah atau bawang putih bisa terbawa oleh keringat Anda. Minuman dengan kafein atau alkohol juga dapat membuat Anda lebih banyak berkeringat.

Bau badan biasanya menjadi jelas jika tindakan tidak diambil saat seseorang mencapai pubertas. Orang yang mengalami obesitas, yang rutin makan makanan pedas, serta individu dengan kondisi medis tertentu, seperti diabetes, lebih rentan mengalami bau badan. Namun, Anda dapat mencoba cara sederhana diatas untuk menghilangkan bau badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *