Mengapa Tes Fosfat Darah Perlu Dilakukan?

Mengapa Tes Fosfat Darah Perlu Dilakukan?

Fosfat menjadi salah satu mineral penting dalam tubuh. Bersama kalsium, jenis mineral ini menjalankan fungsi untuk memperkuat tulang dan gigi. Namun, sebenarnya mineral yang berasal dari makanan yang kaya akan fosfor ini, memiliki fungsi yang lain, seperti menjadi sumber energi serta bahan baku penyusun struktur DNA dan membran sel. Maka dari itu, penting untuk mengetahui kadar jenis mineral ini dalam darah. Salah satu caranya melalui tes fosfat darah. 

Apa Itu Tes Fosfat Darah?

Tes fosfat darah adalah sebuah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui kadar fosfat dalam darah. Mineral ini berasal dari makanan yang mengandung fosfor. Jadi, ketika Anda mengonsumsi makanan kaya fosfor, seperti susu skim, daging ayam, daging sapi, dan ikan, mineral ini akan diserap dan bercampur dengan oksigen sehingga terbentuklah jenis mineral ini. 

Tak hanya bermanfaat dalam untuk membangun dan memperbaiki tulang dan gigi, fosfat memiliki sejumlah manfaat lainnya. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kebutuhan jenis mineral ini harian terpenuhi. Adapun jumlah kebutuhan harian jenis mineral ini adalah sebagai berikut.

  • 0 – 5 bulan : 100 mg
  • 6 – 11 bulan : 275 mg
  • 1 – 3 tahun : 460 mg
  • 4 – 9 tahun : 500 mg
  • 10 – 18 tahun : 1.250 mg
  • Orang dewasa : 700 mg

Mengapa Tes Fosfat Darah Harus Dilakukan?

Pada kondisi normal, ketika fosfat masuk ke dalam tubuh, mineral ini akan disaring oleh ginjal. Jika kadar jenis mineral ini berlebihan, maka ginjal akan membuangnya bersamaan dengan urine. Namun, ketika seseorang mengalami gangguan fungsi ginjal, biasanya akan ditemukan kadar jenis mineral ini yang tinggi dalam darah. Oleh karena itu, tes ini perlu dilakukan untuk menegakkan diagnosis sekaligus memantau perkembangan penyakit ginjal yang diderita oleh orang tersebut. 

Selain itu, tes fosfat darah juga dilakukan untuk :

  • Mendiagnosis dan memantau gangguan tulang.
  • Mendiagnosis gangguan paratiroid. Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher dan berukuran kecil. Jika kelenjar terlalu banyak atau sedikit memproduksi hormon ini, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. 
  • Mendeteksi apakah penderita diabetes mengalami ketoasidosis.
  • Mendiagnosis adanya gangguan pada saluran pencernaan yang berhubungan dengan penyerapan kalsium, fosfat, dan magnesium.

Biasanya tes fosfat darah ini juga dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan kalsium karena jenis mineral ini bekerja sangat erat dengan kalsium sehingga dokter perlu memastikan bahwa tubuh memperoleh dan menggunakan kalsium dengan cara yang sebagaimana mestinya. 

Siapa Saja yang Membutuhkan Tes Ini?

Umumnya, kondisi kekurangan atau kelebihan jenis mineral ini ini cukup langka terjadi dan biasanya bukan karena disebabkan oleh pola makan. Selain itu, tubuh juga jarang menunjukkan adanya gejala saat mengalami kekurangan atau kelebihan fosfat. Oleh karena itu, kondisi ini baru diketahui ketika kadar jenis mineral ini sudah sangat rendah atau tinggi. 

Tes ini lebih disarankan untuk Anda yang memiliki penyakit ginjal berdasarkan riwayat kesehatan dan hasil tes kalsium. Hal ini dikarenakan fosfat dan kalsium memiliki fungsi yang mirip dalam tubuh sehingga ketika ada gangguan pada kadar kalsium bisa jadi ada masalah juga dengan kadar jenis mineral ini.

Apa Saja yang Harus Disiapkan untuk Menjalani Tes Fosfat Darah?

Sebelum menjalani tes jenis mineral ini darah, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh Anda, antara lain:

  • Memberitahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang dikonsumsi, termasuk obat herbal.
  • Memberitahu dokter jika saat ini Anda sedang menjalani prosedur cuci darah karena hal ini dapat memengaruhi kadar fosfat dalam darah
  • Menghindari konsumsi makanan dan minuman yang bisa memengaruhi kadar , seperti jeu, cokelat, soda, minuman beralkohol, kacang-kacangan, dan ikan. 
  • Melakukan puasa paling tidak semalam sebelum hingga tes darah selesai dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *