Gejala, Penyebab, dan Faktor Resiko Kondisi ITBS

Iliotibal Band Syndrome atau ITBS merupakan cedera yang terjadi ketika jaringan ikat atau pada paha Anda digunakan secara berlebihan. Saat cedera terjadi, Anda akan merasakan nyeri. 

Iliotibal Band adalah jaringan ikat panjang atau fasia yang membentang di sepanjang bagian luar kaki Anda. Jaringan ini terbentang dari arah pinggul sampai dengan lutut serta tulang kering. 

Mengenal gejala ITBS

Gejala utama ITBS sebenarnya berupa nyeri pada sisi luar lutut, tepat di atas persendian. Nyeri ini pada awalnya bisa menghilang setelah Anda melakukan pemanasan. Akan tetapi, lama-kelamaan, Anda akan merasakan nyeri semakin memburuk seiring dengan gerakan olahraga Anda. 

Apabila terus dibiarkan, rasa nyeri ini akan semakin berkembang dan memicu sensasi terbakar. Terkadang, rasa nyeri ini juga bisa sampai ke dekat area pinggul Anda. Rasa sakit akan semakin menjadi ketika Anda menuruni tangga atau bangun dari posisi duduk. 

Semakin lama, nyeri akan semakin terasa. Nyeri ini lama-kelamaan bisa menyebabkan pembengkakan. 

Selain itu, Anda juga mungkin akan merasakan adanya gejala lain berupa:

  • Nyeri pada kaki bagian atas dan bawah
  • Merasakan bunyi ‘klik’ atau bunyi benturan di bagian luar lutut Anda
  • Rasa nyeri yang diikuti sensasi terbakar di bagian luar lutut
  • Bagian luar lutut memerah dan menjadi hangat

Seringkali, gejala-gejala ini lebih umum ditemukan pada atlet atau orang yang terbiasa melakukan olahraga lari, bersepeda, mendayung, atau basket. 

Apa yang membuat seseorang mengalami ITBS?

ITBS sebenarnya bisa terjadi apabila Anda menggunakan pita IT terlalu berlebihan ketika berolahraga. Penggunaan berlebihan terjadi ketika Anda berolahraga dengan peningkatan interval yang terlalu cepat.

Akan tetapi, selain karena kebiasaan yang buruk saat berolahraga, kondisi ini juga bisa dipicu oleh kesalahan biomekanik. Contoh kesalahan biomekanik yang menyebabkan hal ini adalah: 

  • Pronasi kaki yang berlebihan
  • Kaki tertekuk
  • Perbedaan panjang kaki
  • Kemiringan panggul lateral

Gejala dari ITBS memang lebih rentan dialami oleh atlet atau orang yang biasa berolahraga. Akan tetapi, hal ini juga bisa terjadi apabila Anda memiliki pekerjaan yang menuntut Anda untuk naik dan turun tangga secara rutin.

Faktor resiko ITBS

Golongan faktor resiko dari kondisi ITBS ada pada kebiasaan buruk saat berolahraga, seperti: 

  • Lari di permukaan yang salah

Saat Anda berlari di permukaan yang tidak tepat untuk digunakan berlari, maka penggunaan pita IT bisa saja menjadi berlebihan, membuat Anda menderita sindrom ini.

Beberapa jenis permukaan yang tidak tepat digunakan saat berlari adalah saat berlari menuruni bukit, berlari hanya di satu sisi jalan, atau berlari di permukaan yang miring dan bukan datar. 

  • Memiliki kondisi fisik tertentu

Beberapa masalah medis secara fisik juga bisa mempengaruhi dan meningkatkan resiko terkena ITBS. Kondisi fisik tersebut antara lain kaki tertetuk, arthritis lutut,  serta satu kaki lebih panjang dari kaki yang lain. 

Selain itu, kebiasaan dalam berjalan dengan memutar kaki atau pergelangan kaki ke dalam juga bisa meningkatkan resiko kondisi ini. 

  • Berlari dengan teknik yang salah

Dalam berolahraga, tentunya ada teknik yang harus diikuti demi kesehatan dan keamanan diri Anda sendiri. Berlari dengan teknik yang salah bisa memicu ITBS. 

Beberapa kesalahan teknik saat berlari berupa kurang melakukan peregangan, mengenakan sepatu kets yang usang, dan tidak memberi jeda istirahat saat olahraga.

Itulah gejala, penyebab, dan faktor resiko dari ITBS. Selama Anda mengetahui dan penerapkan teknik berlari yang tepat, Anda bisa menghindari gejala dari kondisi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *