Kandungan dan Dosis Pemakaian Obat Glucovance

Glucovance adalah obat yang digunakan untuk membantu mengontrol kadar gula darah pada pasien penderita diabetes mellitus tipe 2. Glucovance termasuk golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus menggunakan resep dokter dan tidak bisa dibeli secara sembarangan. Glucovance memiliki kandungan dua bahan aktif, yaitu Glibenclamide dan Metformin HCl dengan dosis yang telah disesuaikan.

Glibenclamide

Glibenclamide atau glyburide merupakan generasi kedua dari jenis antidiabetes sulfonilurea. Glibenclamide memiliki efek hipoglikemik atau menurunkan kadar gula darah yang efektif dan dapat berlangsung lama. Selain digunakan untuk pengobatan pasien penderita diabetes mellitus tipe 2, Glibenclamide juga bisa diresepkan dokter untuk pengobatan diabetes mellitus gestasional pada ibu hamil. Glibenclamide berfungsi untuk menurunkan glukosa darah yang bekerja dengan cara pelepasan insulin dari pankreas. Produksi insulin yang lebih banyak digunakan untuk mengikat glukosa dalam aliran darah.

Metformin HCl

Metformin merupakan obat yang digunakan dalam perawatan diabetes mellitus yang tidak bergantung pada insulin. Metformin termasuk ke dalam obat antidiabetes golongan Biguanide yang bekerja dengan cara menghambat produksi glukosa di hati. Penghambatan tersebut membuat penyerapan glukosa di usus menjadi tertunda. Metformin juga meningkatkan toleransi glukosa pada pasien penderita diabetes mellitus tipe 2. Selain itu, metformin HCl bisa mencegah risiko hipoglikemia yang ringan. Metformin tidak menimbulkan hyperinsulinemia seperti pada obat diabetes lainnya dan memiliki kemampuan untuk menekan perkembangan sel kanker.

Sediaan Obat Glucovance

Glucovance tersedia dalam kemasan berikut:

  • Glucovance 1,25 mg/250 mg

Mengandung komposisi Glibenclamide 1,25 mg dan metformin HCl 250 mg per tabletnya. Tersedia dalam kemasan dus yang berisi 10 strip dengan masing-masing strip memiliki isi 10 tablet salut selaput. Harga jual per tablet yaitu mulai dari Rp 3.000. Sedangkan untuk harga jual per strip mulai dari Rp 20.000 – Rp 50.000.

  • Glucovance 2,5 mg/500 mg

Mengandung komposisi Glibenclamide 2,5 mg dan metformin HCl 500 mg per tabletnya. Tersedia dalam kemasan dus yang berisi 10 strip dengan masing-masing strip memiliki isi 10 tablet salut selaput. Harga jual per tablet yaitu mulai dari Rp 5.000. Sedangkan untuk harga jual per strip mulai dari Rp 35.000 – Rp 75.000.

  • Glucovance 5 mg/500 mg

Mengandung komposisi Glibenclamide 5 mg dan metformin HCl 500 mg per tabletnya. Tersedia dalam kemasan dus yang berisi 10 strip dengan masing-masing strip memiliki isi 10 tablet salut selaput. Harga jual per tablet yaitu mulai dari Rp 6.000. Sedangkan untuk harga jual per strip mulai dari Rp 40.000 – Rp 100.000.

Dosis Pemakaian Glucovance

Anjuran dosis pada terapi awal:

  • 1 tablet Glucovance atau setara 1,25 mg/250 mg yang diberikan sebanyak 1-2 kali per hari. 

Anjuran dosis pada terapi lanjutan:

  • 1 tablet Glucovance atau setara dengan 5 mg/500 mg atau 2,5 mg/500 mg yang diberikan sebanyak 2 kali per hari.
  • Dosis maksimal obat Glucovance yang bisa diberikan yaitu sebanyak 20 mg Glibenclamide/2000 mg metformin HCl.

Aturan konsumsi obat Glucovance yaitu dikonsumsi bersama dengan makanan pada waktu yang sama setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya lupa mengonsumsi Glucovance untuk dosis harian. Misalnya dikonsumsi pada setiap kali makan utama pertama pada hari tersebut. Butuh waktu sekitar dua minggu hingga obat ini bekerja secara optimal. Simpan obat Glucovance pada suhu ruangan atau di bawah 30o C dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung serta hindari sudut ruangan yang lembap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *