Kandungan Susu SGM BBLR yang Diperlukan Bayi Prematur

sgm bblr

Bayi prematur memerlukan perawatan khusus untuk mengejar keterlambatan pertumbuhan mereka. Pemberian ASI secara eksklusif sangat dianjurkan selama perawatan. Akan tetapi, beberapa ibu mungkin memiliki kendala dengan pemberian ASI tersebut. Oleh karena itu, mungkin Anda akan memulai untuk memberikan susu formula SGM BBLR bayi prematur yang secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan mereka. 

Pemberian susu formula SGM BBLR di NICU

Bagi banyak bayi yang lahir prematur, menyusui bisa menjadi tantangan. Mereka mungkin belum dapat melakukan gerakan mengisap atau memiliki kekuatan dan koordinasi keseluruhan untuk meminumnya melalui susu botol atau menyusui langsung.

Bayi prematur mungkin juga memiliki saluran gastrointestinal (GI) yang belum matang, sehingga tubuh mereka mungkin tidak dapat memecah protein susu dengan baik untuk diserap menjadi nutrisi. Beberapa bayi prematur mengalami GERD atau refluks asam, yang menyebabkan mereka memuntahkan susu formula atau ASI dalam jumlah besar.

Tanpa penyesuaian makan, kondisi ini dapat sangat mempengaruhi nutrisi dan pertumbuhan bayi prematur secara keseluruhan. Untuk memastikan bayi di Neonatal Intensive Care Unit (NICU) mendapat nutrisi yang tepat, staf NICU biasanya akan melakukan metode berikut untuk memberi makan bayi prematur yang tidak menyusui.

– Pemberian susu formula SGM BBLR akan diberikan setelah bayi cukup kuat untuk mengoordinasikan gerakan menghisap, menelan, dan bernapas.

– Selang makanan untuk memasok nutrisi yang diperlukan. Melalui tabung tipis yang dimasukkan langsung ke perut bayi (tabung gastronomi), melalui hidung ke perut mereka (tabung nasogastrik), atau melalui mulut ke perut (tabung orogastrik).

– Jalur intravena (IV) untuk memasok cairan dan nutrisi ke bayi langsung ke aliran darah their.

Bayi prematur dan bayi berat lahir rendah seringkali membutuhkan susu formula SGM BBLR untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya dan mengejar pertumbuhannya. Susu formula SGM BBLR bayi prematur dan fortifier ASI memiliki lebih banyak kalori, protein, vitamin, dan mineral daripada susu formula atau ASI biasa. Susu formula SGM BBLR dirancang untuk membantu bayi dengan berat badan rendah tumbuh lebih cepat.

Untuk membantu bayi prematur memiliki pertumbuhan yang baik, dokter mungkin memberi tahu orang tua untuk memberi bayi mereka susu formula SGM BBLR khusus bayi prematur di rumah atau untuk mencampurkan Human Milk Fortifier (HMF) bubuk ke dalam ASI mereka.

Ketika bayi prematur pertama kali diberi susu formula SGM BBLR, Anda harus mulai dengan sejumlah kecil dengan rasio kalori yang meniru ASI. Saat bayi secara bertahap menyesuaikan diri dengan pemberian makan, Anda mungkin baru boleh memperkenalkan formula berkalori lebih tinggi untuk membantu mereka tumbuh lebih cepat.

Susu formula SGM BBLR secara eksklusif bertugas untuk meningkatkan protein, kalsium, dan nutrisi lainnya. Bayi prematur dengan masalah pencernaan tertentu atau alergi makanan dapat mengambil manfaat dari mengubah susu formula biasa ke campuran yang berbeda. Berikut adalah beberapa kandungan susu formula SGM BBLR yang paling umum dan penting untuk bayi prematur dengan kebutuhan diet khusus.

Formula Berbasis Asam Amino

Bayi dengan masalah perut yang parah mungkin tidak dapat memecah bahkan protein yang telah dicerna sebelumnya dalam formula hipoalergenik. Untuk permasalahan bayi ini, susu formula SGM BBLR yang mengandung asam amino bebas (bahan penyusun protein) mungkin satu-satunya pilihan. Produk seperti SGM BBLR bebas laktosa dan mungkin mengandung lemak khusus untuk anak-anak yang kesulitan menyerap lemak dari susu formula biasa.

Formula hipoalergenik

Beberapa bayi alergi terhadap protein susu sapi dan protein kedelai. Formula hipoalergenik mengandung protein yang telah dicerna sebelumnya, sehingga bayi yang alergi terhadap protein susu biasanya dapat mentolerir campuran hipoalergenik. Bayi dengan kondisi ini atau alergi makanan dapat mengambil manfaat dari formula hipoalergenik seperti produk SGM BBLR.

Formula Bebas Laktosa

Terkadang, bayi mungkin tidak memiliki cukup laktase, enzim yang digunakan untuk mencerna gula susu laktosa. Pasalnya bayi prematur umumnya tidak dapat mencerna gula susu dengan baik, mereka mungkin rewel atau menangis berlebihan.

Formula bebas laktosa seperti yang terdapat di dalam SGM BBLR dapat membantu bayi-bayi ini menangis lebih sedikit dan merasa lebih nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *