Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Rambut Kering

rambut kering

Anda pasti mendambakan memiliki rambut indah bercahaya dan mudah diatur. Akan tetapi, kerusakan rambut bisa saja hadir tanpa waktu yang diduga dan paling umum menyebabkan Anda mengalami rambut kering hingga membuatnya terlihat kusam.

Rambut kering tidak hanya disebabkan karena faktor lingkungan dan udara yang terlalu berpolusi, tetapi juga kebiasaan buruk yang tidak Anda sadari dan lakukan setiap hari. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang membuat rambut kering dan cara mengatasinya.

1. Malas mencuci sisir rambut

Hampir semua dari kita sering melakukan hal ini. Anda kerap malas untuk menyikat sisir rambut setiap hari. Padahal semua sel kulit mati, minyak, residu produk, dan banyak lagi menumpuk di sisir tersebut dan kembali masuk ke dalam rambut Anda.

Membersihkan sisir setidaknya seminggu sekali dengan air hangat dan sabun antibakteri (gunakan pengering rambut untuk menghilangkan kelembapan) akan memastikan rambut Anda selalu bersih dan tidak kering.

2. Sering mengikat rambut 

Mengikat ekor kuda memang mudah, nyaman dan tampak memperbaiki penampilan ketika rambut sulit diatur. Tetapi menarik rambut ke belakang terlalu kencang akan membuat kulit kepala terlalu tegang dan pada akhirnya dapat menyebabkan kerontokan rambut di sekitar garis rambut dan pelipis hingga membuat rambut terlihat kering.

Saat ingin menguncir kuda sebaiknya coba kombinasikan dengan cara lain seperti mengepang rambut atau melonggarkannya sehingga tidak terlalu kencang atau menggunakan jepitan saja. Selain itu, jangan mengikat rambut ketika masih dalam keadan basah. Rambut akan lebih lemah dan menyusut saat mengering, sehingga sangat mudah meninggalkan lebih banyak peluang untuk patah hingga berketombe.

3. Mandi air panas

Anda pasti suka mandi air panas. Sayangnya, air panas yang terlalu mendidih tidak begitu bagus untuk rambut kita. Suhu tersebut akan membuka kutikula, membiarkan kelembapan keluar, dan dengan demikian akan menyebabkan rambut kering hingga membuat warna rambut terlihat memudar.

Solusinya adalah dengan mengubah temperatur rambut menjadi medium atau suam-suam kuku, terutama saat mencuci rambut. Semburan air dingin di akhir untuk bilasan terakhir juga patut Anda coba supaya rambut tidak kering.

4. Menggunakan sampo kering terlalu banyak

Saat ini banyak sekali produk sampo kering yang dijual di pasaran. Sisi lain dari penggunaan sampo kering yang terlalu banyak sebenarnya tidak sepenuhnya dapat membersihkan rambut Anda, justru bisa meninggalkan penumpukan produk, keringat, minyak, dan banyak lagi. Jadi saat menggunakan sampo kering sesekali adalah ide bagus dan jangan gunakan sebagai alternatif mencuci rambut Anda sepenuhnya.

5. Penggunaan sampo terlalu berlebih 

Keramas mungkin dapat menjaga rambut tetap bersih sehingga dapat melakukannya setiap hari. Sayangnya, keramas setiap hari dapat membuat rambut kering sekaligus menghilangkan minyak alami pada rambut Anda. Cobalah mencuci rambut dua kali sehari. Gunakan sampo yang bebas sulfat, sehingga secara umum jauh lebih lembut dan aman untuk akar rambut. 

6. Mencatok atau hair dryer setiap hari 

Menggunakan catokan pada rambut yang masih basah akan membuatnya mendidih dengan uap dan mudah patah, terutama jika Anda melakukannya setiap hari. Sebelum mencatok, sebaiknya pastikan rambut sudah benar-benar kering sebelum ditata, atau setidaknya menggunakan pelindung panas jika sedikit lembab. 

Anda juga dapat menurunkan suhu hingga 300ºF maksimal. Jika Anda harus sering menggunakan catokan setiap hati, pastikan untuk mengimbanginya dengan beberapa perawatan rambut rusak, seperti masker rambut supaya terhindari dari masalah rambut kering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *