Kenali Gejala Leukemia Pada Anak

Leukemia adalah kanker paling umum pada anak-anak dan remaja. Banyak gejala leukemia pada anak-anak dapat memiliki penyebab lain juga, dan paling sering gejala ini tidak disebabkan oleh leukemia.

Secara keseluruhan, leukemia pada anak-anak adalah penyakit yang jarang. Sekitar 3 dari 4 leukemia pada anak-anak dan remaja adalah leukemia limfositik akut dan sebagian besar kasus yang tersisa adalah leukemia myeloid akut.

Leukemia dimulai di sumsum tulang, di mana sel-sel darah baru dibuat. Gejala leukemia sering disebabkan oleh masalah di sumsum tulang. Saat sel-sel leukemia menumpuk di sumsum, mereka dapat memusnahkan sel-sel darah normal. Akibatnya, seorang anak mungkin tidak memiliki cukup sel darah merah normal, sel darah putih, dan trombosit darah.  

Kekurangan ini muncul pada tes darah, tetapi mereka juga dapat menyebabkan gejala.  Sel-sel leukemia mungkin juga menyerang area lain dari tubuh, yang juga dapat menyebabkan gejala.

Banyak gejala leukemia pada anak-anak juga merupakan gejala umum, penyakit anak yang kurang serius. Leukemia bisa bersifat kronis, dan gejalanya mungkin berkembang perlahan, atau bisa akut, dan gejalanya bisa muncul dengan sangat cepat.

Jika anak Anda memiliki gejala berikut, dan orang tua atau pengasuh mencurigai leukemia, penting untuk menghubungi dokter.

  1. Anemia
  2. Infeksi yang sering
  3. Mudah memar dan berdarah
  4. Nyeri tulang atau sendi
  5. Pembengkakan
  6. Kurang nafsu makan, sakit perut, dan penurunan berat badan
  7. Batuk atau kesulitan bernafas
  8. Sakit kepala, muntah, dan kejang
  9. Ruam kulit
  10. Kelelahan ekstrim
  11. Selalu merasa kurang sehat

Tanda-tanda awal leukemia bisa sulit dikenali. Gejala juga dapat bervariasi dari anak ke anak, tidak semua anak-anak dengan leukemia menunjukkan gejala-gejala yang tercantum di atas.

Gejala awal juga tergantung pada apakah seorang anak menderita leukemia akut atau kronis. Jika Anda mengetahui gejala-gejala di atas, yang terbaik adalah membawa anak ke dokter sesegera mungkin. Diagnosis yang cepat dapat memastikan bahwa anak menerima perawatan yang tepat dengan cepat.

Namun, banyak dari gejala-gejala ini umum dan dapat menunjukkan berbagai penyakit.  Dokter akan melakukan berbagai tes dan penilaian sebelum membuat diagnosis leukemia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *