Kenali Gejala TBC, Pastikan ke Prodia Bona Indah

Tahukan Anda bahwa di Indonesia ada sekitar 11 orang meninggal karena TBC tiap jamnya? TBC alias tuberculosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang secara umum menyerang paru-paru, bahkan bisa juga menyerang tulang sampai ke kelenjar bagian tubuh Anda lainnya. World Health Organization menyatakan, pada tahun 202 ada sekitar 10 juta penderita TBC di dunia. Di mana Indonesia termasuk negara yang memiliki prevalensi cukup tinggi akan penyakit ini karena tercatat ada sekitar 845 ribu kasus TBC di tahun yang sama.  

Sebenarnya, TBC bisa disembuhkan dengan pemberian obat yang tepat dan rutin dikonsumsi selama 6 bulan. Namun sayangnya, banyak orang yang terlambat menyadari penyakit ini sehingga telanjur parah dan meningkatkan risiko kematian. Karena itu, sangat penting melakukan skrining TBC, salah satunya bisa dilakukan di Prodia Bona Indah, untuk mendeteksi penyakit menular ini dengan lebih cepat sehingga penanganannya pun dapat lebih tepat. 

Lakukan skrining TBC apabila Anda mulai merasakna gejala yang mengarah ke penyakit yang menyerang paru-paru ini. Dengan begitu, kesempatan Anda untuk sembuh apabila terbukti positif TBC akan lebih besar.

Batuk Berkepanjangan 

Batuk parah yang berkepanjangan merupakan tanda utama dari infeksi bakteri TBC. Jadi, lebih baik Anda segera pergi ke Prodia Bona Indah untuk melakukan skrining TBC apabila mengalami batuk lebih dari 3 minggu. Ciri khas batuk yang mengarah ke TBC adalah batuk berdahak, yang tidak jarang sampai berdarah. 

Pembengkakan di Leher 

Infeksi bakteri TBC bukan hanya menimbulkan gejala batuk. Akibat batuk yang berkepanjangan itu, saluran suara menjadi lebih mudah meradang. Tidak jaran pada akhirnya, penderita TBC akan memgalami pembengkakan di leher. 

Nyeri Dada 

Nyeri dada tidak melulu mengarah ke sinyal penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner ataupun aritmia. Ketika Anda mengalami nyeri dada, curigai pula hal tersebut merupakan gejala TBC. Namun, nyeri dada yang dialami penderita TBC agak berbeda. Ciri khasnya adalah nyeri di bagian dada biasanya muncul atau bertambah parah setiap kali Anda mengambil napas atau mengembuskan napas. Jika sudah demikian, segeralah melakukan skrining TBC di Prodia Bona Indah untuk memastikan kondisi Anda. 

Menggigil 

Seperti infeksi akibat mikroorganisme pada umumnya, tubuh akan memberi perlawanan untuk mencetak antibodi sehingga menyebabkan suhu tubuh meningkat alias demam. Khusus untuk penderita TBC, biasanya kondisi demam akan disertai rasa menggigil yang menyiksa. 

Keringat saat Tidur 

Orang-orang biasanya akan berkeringat deras pada siang harus ketika udara cukup panas atau ketika melakuka  aktivitas fisik yang cukup melelahkan. Namun, penderita TBC biasanya justru mengalami peningkatan produksi keringat pada malam hari yang notabene udaranya lebih sejuk dan aktivitas fisik sudah berkurang. Tidak jarang pada saat tidur, penderita TBC akan mengalami keringat yang lebih deras. 

Berat Badan Turun Drastis 

Ada yang salah dengan badan Anda jika berat badan menurun tiba-tiba secara drastis. Umumnya, kondisi ini mengindikasikan Anda tengah mengalami penyakit yang cukup parah. Penurunan berat badan yang cukup drastis pun akan mudah dialami oleh pasien TBC. Pasalnya, nafsu makan penderita penyakit ini cenderung menurun pesat atau bahkan menghilang. 

Mudah Lelah 

Kondisi mudah lelah yang dirasakan penderita TBC hadir bukan tanpa sebab. Ini masih berkaitan dengan hilangnya nafsu makan yang dialami para penderita penyakit ini. Minimnya makanan yang masuk ke tubuh membuat kebutuhan energi menjadi tidak tercukupi. Anda pun akan mudah melasa lemas dan lelah sepanjang hari. 

*** 

Jika mengalami gejala-gejala di atas, jangan tunda untuk melakukan skrining TBC di Prodia Bona Indah atau cabang lainnya. Segera konsultasikan pula hasil skrining Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik. Percayalah apabila hasilnya positif, Anda tetap bisa sembuh! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *