Ketahui Manfaat Benadryl Batuk Berdahak untuk Anak-anak

Batuk Berdahak pada Anak-anak

Batuk berdahak adalah suatu kondisi di mana anak-anak batuk dengan mengeluarkan dahak atau lendir. Batuk berdahak memberi tanda bahwa tubuh anak Anda sedang memproduksi lebih banyak lendir daripada biasanya. Batuk berdahak yang dialami anak-anak dapat diatasi dengan pemberian obat yang dijual bebas, salah satunya adalah Benadryl batuk berdahak. Tentunya obat batuk tersebut digunakan sesuai dengan anjuran serta dosis yang berlaku.

Penyebab Batuk Berdahak pada Anak-anak

Batuk berdahak pada anak-anak seringkali disebabkan oleh infeksi karena virus. Penyebab paling umum berikutnya adalah asma. Berikut beberapa penyebab batuk berdahak pada anak-anak meski jarang terjadi.

Batuk rejan

Batuk  rejan muncul dalam bentuk batuk yang tidak terkendali. Anak-anak yang mengalami batuk rejan juga sering membuat suara yang terdengar seperti “teriakan” saat mereka menghirup udara.

Batuk berdahak pada anak-anak terkadang disebabkan karena menghirup benda asing, asap rokok, atau gangguan lingkungan lainnya. Tetapi bisa juga disebabkan karena infeksi seperti Pneumonia, yang bisa berbahaya pada bayi baru lahir dan anak kecil.

Diagnosis Batuk Berdahak

Untuk mendiagnosis batuk berdahak, dokter harus terlebih dahulu mengetahui sudah berapa lama batuk berlangsung dan seberapa parah gejalanya.

Kebanyakan batuk dapat didiagnosis dengan pemeriksaan fisik sederhana. Jika batuk berlangsung lama atau parah, atau disertai dengan memiliki gejala lain seperti demam, penurunan berat badan, dan kelelahan, dokter mungkin ingin melakukan tes tambahan.

Kapan Harus ke Dokter?

Konsultasikan dengan dokter jika batuk sudah berlangsung lebih dari dua minggu. Anda atau anak Anda mungkin memerlukan penanganan medis segera jika mengalami kesulitan bernapas atau batuk darah, atau warna kulit menjadi kebiruan. Lendir dengan bau busuk juga bisa menjadi tanda infeksi yang lebih serius.

Segera hubungi dokter jika anak Anda:

  • berusia kurang dari 3 bulan dan mengalami demam 38ºC derajat atau lebih tinggi
  • berusia kurang dari 2 tahun dan mengalami demam lebih dari 38ºC selama lebih dari satu hari
  • berusia di atas 2 tahun dan mengalami demam dengan suhu 38ºCatau lebih tinggi selama lebih dari tiga hari
  • mengalami demam 40ºC atau lebih tinggi
  • mengi tanpa riwayat asma
  • menangis dan tidak bisa dihibur
  • sulit untuk bangun
  • mengalami kejang
  • mengalami demam dan ruam.
Pengobatan Batuk Berdahak

Perawatan atau pengobatan untuk batuk berdahak harus disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk sebagian besar batuk berdahak yang disebabkan karena virus seperti pilek atau flu, pengobatan tidak diperlukan. Hal ini karena virus dapat hilang dengan sendirinya karena telah dilumpuhkan oleh sistem kekebalan tubuh. Sedangkan batuk berdahak yang disebabkan karena bakteri harus dilakukan pengobatan dengan mengonsumsi obat antibiotik. 

Jika Anda atau anak Anda mengalami kesulitan tidur karena terbangun untuk batuk terus menerus, Anda bisa melakukan sesuatu yang dapat meredakan dahak dan batuk. Anda bisa menggunakan atau mengonsumsi madu sebanyak setengah sendok the sebelum tidur. Hal ini juga aman dikonsumsi untuk anak Anda dan bisa dicoba. Tetapi, jangan memberikan madu kepada anak yang masih berusia di bawah 12 bulan, karena dapat menyebabkan risiko botulisme.

Selain itu, menurut American Academy of Pediatrics , anak-anak di bawah usia 4 tahun tidak boleh diberikan obat batuk dan pilek yang dijual bebas.

Tetapi untuk anak yang sudah berusia di atas 4 tahun, Anda bisa memberikan obat yang dijual bebas di apotek seperti Benadryl batuk berdahak untuk anak Anda.

Obat Benadryl batuk berdahak diklaim mampu meredakan batuk berdahak serta mempermudah untuk pengeluaran dahak.

Dosis menggunakan obat Benadryl batuk berdahak:

  • Dewasa dan anak di atas 12 tahun: 3 x 10 ml per hari.
  • Anak 6-12 tahun: 3 x 5 ml per hari.
  • Anak 2-6 tahun: 3 x 2,5 ml per hari.  Untuk anak di bawah 2 tahun, harus sesuai dengan rekomendasi dokter

Obat Benadryl batuk berdahak ini memiliki formula yang diklaim dapat beraksi sejak hari pertama penggunaan dan tidak bikin cepat mengantuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *