Koarktasio Aorta Muncul Kembali Saat Dewasa, Begini Perawatannya

Koarktasio Aorta Muncul Kembali Saat Dewasa, Begini Perawatannya

Koarktasio aorta adalah penyempitan aorta yang merupakan pembuluh darah arteri utama dan terbesar di dalam tubuh. Aorta berfungsi mengalirkan darah kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. 

Penyempitan aorta adalah kelainan yang didapat dari lahir. Gejalanya berkembang ketika penyempitan semakin parah sehingga harus dilakukan prosedur operasi untuk melebarkan pembuluh darah. Namun operasi tidak serta merta menyembuhkan kondisi tersebut karena saat dewasa, penyempitan bisa kembali terjadi.  

Mengapa bisa terjadi koarktasio berulang?

Pasien yang telah menjalani pengobatan koarktasio aorta saat usia anak-anak bisa mengalami kekambuhan koarktasio, dan komplikasi lanjutan lain termasuk aneurisma (pembengkakan pembuluh darah), dan pseudoaneurisma (kebocoran di dinding aorta). 

Peluang kekambuhan adalah 5-19 persen. Jika Anda menjalani prosedur angioplasti atau pemasangan stent, risiko kambuh berkisar antara 11-15 persen. Inilah pentingnya pasien melakukan pemeriksaan rutin setiap tahun untuk memantau kondisi aorta dan kemungkinan kekambuhan terjadi.

Gejala koarktasio aorta pada orang dewasa

Tanda koarktasio aorta akan muncul tergantung keparahan penyempitan. Pada beberapa kasus, gangguan terlihat ketika bayi atau pada usia anak-anak, sedangkan pada kondisi yang tidak terlalu parah koarktasio tidak akan terlihat hingga dewasa. 

Hipertensi adalah ciri umum seseorang menderita koarktasio aorta. Pasien yang menjalani perawatan saat bayi memiliki peluang kurang dari 5% menderita hipertensi pada dewasa awal, dan pasien yang dioperasi setelah usia satu tahun berisiko 25-33%. 

Gejala lain penyempitan aorta pada orang dewasa yaitu: 

  • Sakit kepala
  • Angina
  • Epistaksis atau mimisan
  • Kurangnya kinerja olahraga
  • Sesak napas
  • Nyeri dada
  • Kaki dingin
  • Nyeri tungkai setelah olahraga
  • Murmur jantung

Mengobati  koarktasio aorta

Ada beberapa jenis operasi pelebaran aorta. Dokter akan mempertimbangkan perawatan sesuai dengan usia, kondisi kesehatan, lamanya penyempitan telah terjadi, serta lokasi koarktasio. 

Salah satu prosedur yang umum dilakukan ketika terjadinya koarktasio berulang adalah kateterisasi. Dokter akan memasukkan balon guna memperluas area yang menyempit, dan menempatkan stent logam untuk menahan area tersebut agar tetap terbuka. 

Selain itu opsi prosedur yang tersedia meliputi:

  1. Reseksi dengan anastomosis ujung ke ujung

Metode ini melibatkan pengangkatan segmen aorta yang menyempit (reseksi), lalu menghubungkan dua bagian aorta yang sehat (anastomosis).

  1. Aortoplasti flap subklavia

Dokter akan menggunakan pembuluh darah arteri subklavia kiri untuk memperluas area aorta yang menyempit.

  1. Bypass perbaikan graft

Teknik ini melibatkan memotong area yang menyempit dengan memasukkan tabung yang disebut cangkok di antara bagian aorta. 

  1. Patch aortoplasty

Pada prosedur ini, dokter akan memotong area koarktasio aorta lalu menempelkan bahan sintetis untuk melebarkan pembuluh darah. Patch aortoplasty dilakukan jika koarktasio melibatkan segmen aorta yang panjang.

Mengelola kondisi koarktasio aorta

Pemeriksaan rutin harus dilakukan pasien pasca perawatan guna memantau kemungkinan komplikasi. Berikut beberapa tips mengelola koarktasio aorta:

  • Berolahraga secara teratur

Olahraga dapat mengontrol tekanan darah. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapat rekomendasi olahraga yang tepat.

  • Mencegah endokarditis

Endokarditis adalah meradangnya lapisan jantung bagian dalam atau strukturnya akibat infeksi bakteri. Pemberian antibiotik dilakukan hanya jika Anda memiliki riwayat endokarditis atau menjalani operasi penggantian katup.

  • Mempertimbangkan waktu kehamilan

Wanita dengan koarktasio aorta, bahkan setelah pengobatan, memiliki risiko lebih tinggi mengalami hipertensi dan komplikasi jantung selama kehamilan dan persalinan. Konsultasikan dengan dokter bagaimana memiliki kehamilan yang aman. Anda juga perlu melakukan manajemen tekanan darah dengan cermat.

Catatan

Koarktasio aorta tidak bisa disembuhkan, dan hanya bisa diringankan. Kondisi ini akan bertahan seumur hidup. Tanyakan mengenai koarktasio aorta dan kelainan jantung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ.

Download sekarang di App Store atau Google Play Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *