Konsumsi Makanan Ini Untuk Tingkatkan Serotonin

Serotonin adalah senyawa kimiawi tubuh yang berperan dalam perbaikan mood

Serotonin adalah produk sel saraf kimia yang berfungsi mengirim sinyal antar sel-sel saraf. Serotonin umumnya ditemukan di sistem pencernaan, platelet darah, dan sistem saraf pusat. Serotonin terbuat dari asam amino esensial triptofan. Asam amino ini masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang Anda konsumsi, seperti kacang, keju, dan daging merah. Serotonin bertindak sebagai neurotransmitter yang dapat memberikan pola tidur sehat sekaligus meningkatkan suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa kadar serotonin memiliki efek pada suasana hati dan perilaku, dengan zat kimia ini sering dianggap dapat memberikan perasaan bahagia dan hidup yang lebih lama. 

Untuk meningkatkan kadar serotonin, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung triptofan. Diketahui bahwa penipisan triptofan terlihat pada mereka yang menderita gangguan suasana hati seperti depresi dan kecemasaan. Penelitian juga menunjukkan ketika Anda mengonsumsi makanan dengan triptofan rendah, kadar serotonin otak menurun. Beberapa makanan yang mengandung triptofan di antaranya adalah:

  • Telur

Menurut penelitian baru-baru ini, protein di dalam telur dapat meningkatkan kadar plasma darah triptofan Anda. Tips dalam memasak telur, jangan buang kuning telur. Kuning telur kaya akan triptofan, tirosin, kolin, biotin, asam lemak omega-3, dan nutrisi-nutrisi lain yang menjadi kontributor utama pemberi manfaat kesehatan dan sifat antioksidan bagi tubuh. 

  • Keju

Sumber utama triptofan lain adalah keju. Dengan rasanya yang lezat, Anda bisa memasaknya dalam bentuk “mac and cheese”, sehingga Anda bisa mengkombinasikan keju cheddar, telur, dan susu, yang mana merupakan sumber triptofan melimpah lain. 

  • Nanas

Menurut penelitian, selain mengandung triptofan, buah nanas juga merupakan sumber bromelain yang melimpah, yang mana merupakan sebuah protein yang dapat mengurangi efek samping chemotherapy serta membantu meredakan batuk. 

  • Tahu

Produk-produk kedelai seperti tahu merupakan sumber triptofan yang melimpah. Anda bisa mengganti sumber-sumber protein hewani dengan tahu, menjadikannya sebagai sumber triptofan yang sangat baik bagi vegetarian dan vegan. Tahu juga mengandung kalsium, yang dapat melengkapi kebutuhan kalsium harian Anda. 

  • Ikan salmon

Anda bisa mendapatkan triptofan dari ikan salmon. Ikan ini juga sangat versatile, dalam artian Anda bisa memasaknya dalam cara apa saja. Misalnya, cukup tambahkan susu dan telur untuk membuat frittata salmon asap yang nikmat. Ikan salmon tidak hanya dapat meningkatkan kadar serotonin, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan lain, seperti membantu menyeimbangkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan menjadi sumber utama asam lemak omega-3. 

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Semua jenis kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung triptofan, sehingga Anda bisa memilih jenis kacang atau biji-bijian mana yang Anda suka untuk dimasukkan ke dalam menu diet harian. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang setiap harinya dapat menurunkan risiko Anda untuk menderita penyakit kanker, penyakit jantung, dan penyakit gangguan pernapasan. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber serat, vitamin, dan antioksidan yang baik. 

  • Kalkun

Apabila Anda gemar mengonsumsi daging, kini Anda bisa memasukkan kalkun ke dalam menu diet harian karena unggas ini merupakan sumber triptofan yang sangat baik. 

Apabila Anda ingin meningkatkan kadar serotonin di dalam tubuh, Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung triptofan. Anda juga bisa mendapatkan asupan triptofan dari suplemen-suplemen yang banyak tersedia di apotik. Namun, selalu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen jenis apapun. Selain itu, Anda bisa meningkatkan kadar serotonin dengan melakukan olahraga dan mempraktikkan gaya hidup yang sehat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *