Lakukan Ini sebagai Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar

cara mengatasi ngantuk saat belajar

Salah satu kendala yang sering dialami anak saat belajar adalah mengantuk. Bahkan, tidak hanya pada anak, orang dewasa pun sering mengantuk ketika berusaha untuk berkonsentrasi mempelajari sesuatu. Untuk mengatasi ini, Anda perlu mengajarkan cara mengatasi ngantuk saat belajar pada anak.

Ada beberapa alasan yang membuat rasa kantuk mudah muncul saat belajar. Salah satunya adalah kurangnya kualitas tidur di malam hari serta banyaknya konsumsi makanan yang mengandung tryptophan.

Cara mengatasi ngantuk saat belajar

Ada beberapa cara mengatasi ngantuk saat belajar. Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk mengatasi rasa kantuk tersebut dengan cara:

  • Menghindari tempat tidur

Banyak orang semakin mudah merasa ngantuk ketika belajar di dekat tempat tidur, seperti di dalam kamar atau sambil berbaring di ranjang. Hal ini bisa terjadi karena Anda terbiasa untuk tidur atau beristirahat di lokasi tersebut.

Sebaiknya, pilihlah ruangan yang cukup jauh dari tempat tidur Anda untuk belajar. Bila Anda tinggal di kamar kos atau apartemen berukuran studio, pilihlah sudut kamar yang berjarak sedikit lebih jauh dari ranjang sebagai tempat belajar.

  • Konsumsi cemilan sehat

Ketika rasa kantuk datang, Anda bisa mengonsumsi cemilan sehat untuk meningkatkan energi. Biasanya, cemilan yang manis dan mengandung gula lebih efektif untuk mengatasi rasa lesu.

Ada beberapa cemilan sehat yang bisa membantu Anda dalam mengatasi rasa kantuk, seperti selai kacang dengan biskuit gandum, yogurt, saus krim keju, wortel, dan lain sebagainya.

  • Memulai percakapan

Menurut penelitian, otak yang lelah dan mengantuk bisa bergerak kembali dengan aktif ketika Anda memulai percakapan. Mengobrol dengan orang lain bisa membantu mengembalikan kesadaran Anda sekaligus membangunkan pikiran dari rasa kantuk.

Anda bisa memulai percakapan dengan berbagai macam topik bersama siapa saja. Bila Anda tinggal sendiri, Anda bisa mencoba untuk menelepon teman atau keluarga selama beberapa menit untuk bisa berdialog.

  • Banyak minum air

Percaya atau tidak, salah satu cara mengatasi ngantuk saat belajar adalah dengan banyak minum air. Banyaknya air yang dikonsumsi bisa membantu menjaga tubuh tetep terhidrasi.

Rasa kantuk bisa datang ketika Anda mengalami dehidrasi. Karena itu, tingkatkan konsumsi cairan agar tubuh terhidrasi sepanjang hari. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi air bisa membawa dampak positif untuk memori, konsentrasi, kemampuan matematika, dan kewaspadaan.

  • Gunakan cahaya yang terang

Ruangan yang gelap lebih mudah memicu rasa kantuk. Tubuh manusia terbiasa menanggapi sinyal tertentu di lingkungan sekitarnya, seperti cahaya yang terang maupun gelap.

Bila Anda terbiasa tidur di malam hari dengan cahaya yang gelap, Anda akan lebih mudah berkonsentrasi di bawah pencahayaan ruangan yang terang. Karena itu, ketika belajar pun, Anda perlu memastikan cahaya ruangan di tempat Anda belajar tidak redup.

  • Terus bergerak

Banyak bergerak mampu mendorong tubuh untuk tetap berenergi. Saat Anda mendapatkan energi yang cukup, Anda tidak akan mudah merasa ngantuk dan terhindari dari stres menjelang ujian.

Anda tidak harus melakukan olahraga berat untuk memastikan tubuh tetap bergerak. Sekedar berjalan kaki di luar ruangan selama 10 menit sudah mampu memberikan efek signifikan untuk meningkatkan kemampuan otak.

Itulah beberapa cara mengatasi ngantuk saat belajar yang bisa Anda coba. Anda juga bisa mengajarkan cara ini untuk anak atau teman-teman di sekitar Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *