Langkah Tepat Obati Ambeien dengan Salep Faktu dan Cara Lainnya

Munculnya benjolan yang muncul di dalam atau di sekitar anus alias wasir memang seringkali membuat kenyamanan Anda terganggu hingga kesulitan melakukan berbagai aktivitas. Tak perlu khawatir, karena ada banyak salep wasir yang bisa meredakan gejalanya, salah satunya Salep Faktu. Salep untuk mengobati wasir ini harus dibeli dengan resep dokter. 

Adapun wasir sendiri biasanya disebabkan oleh bengkaknya pembuluh darah yang berada di sekitar area tersebut karena berbagai hal seperti kegemukan, kehamilan, maupun terlalu mengejan saat buang air besar. 

Selain munculnya benjolan, ambeien juga ditandai dengan rasa nyeri dan gatal di area anus. Bahkan, pada kasus yang jarang, wasir juga mengakibatkan munculnya bercak darah pada feses maupun benjolan yang menggantung di lubang anus (prolaps).

Jika Anda merasa wasir mulai menganggu, sebaiknya mulai mencari cara untuk mengatasinya. Berikut ini langkah tepat mengobati wasir dengan bantuan salep Faktu dan lainnya.

1. Mengoleskan Salep

Ketika terjadi wasir, kamu membutuhkan salep seperti Faktu untuk mengobati ambeien atau wasir internal dan eksternal yang terkait dengan gejala inflamasi dan perdarahan. Faktu salep mengandung policresulen 50 mg dan cinchocaine 10 mg.

Policresulen adalah senyawa bersifat asam yang mampu menghentikan perdarahan dan menghambat pertumbuhan bakteri. Kandungan ini juga banyak digunakan untuk mengobati wasir.

Cara menggunakan salep Faktu adalah dengan dioles tipis pada area anus yang terkena wasir sebanyak 2-3 kali sehari. Ingat, penggunaan salep ini harus sesuai petunjuk dokter.

Sementara, efek samping yang mungkin muncul umumnya relatif ringan, yaitu gatal atau sensasi perih pada awal penggunaan. Efek samping ini biasanya akan hilang jika pengobatan dihentikan. 

2. Konsumsi Makanan Berserat

Agar salep faktu semakin efektif dalam mengatasi ambiein alias wasir, Anda pun harus melakukan langkah penanganan yang tepat. Mengonsumsi makanan berserat tinggi merupakan salah satu cara mengobati wasir. 

Hal ini dikarenakan serat akan membuat tinja menjadi lebih lunak, sehingga Anda tidak perlu mengejan terlalu kuat saat BAB. Makanan yang merupakan sumber serat yaitu biji-bijian atau gandum utuh, kacangan-kacangan, buah, dan sayuran berdaun gelap.

3. Banyak Minum Air Putih

Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan cara lain untuk mengobati ambeien atau hemorrhoid. Memperbanyak konsumsi air putih dapat membantu menjaga tinja tetap lunak, serta mengurangi kemungkinan terjadinya sembelit. 

Selain itu, Anda juga harus menghindari minuman berkafein dan beralkohol, karena dapat menyebabkan wasir bertambah parah.

4. Menjaga Kebersihan Anus

Untuk mengobati sekaligus mencegah ambeien, Anda dianjurkan untuk rutin membersihkan kulit di sekitar anus. Gunakan handuk kecil yang lembap atau kapas basah, dan hindari pemakaian sabun pembersih yang mengandung pewangi untuk mencegah terjadinya iritasi.

Ketika wasir, Anda juga tidak diperbolehkan menunda buang air besar (BAB). Menunda buang air besar dapat membuat tinja menjadi keras dan kering, sehingga memungkinkan Anda harus mengejan terlalu kuat. Oleh karenanya, segeralah ke kamar mandi apabila Anda telah merasakan dorongan untuk buang air besar.

5. Olahraga 

Berolahraga secara teratur tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, tapi juga bisa membantu mengontrol tekanan darah, dan mencegah terjadinya sembelit. Maka dari itu, Anda dianjurkan berolahraga minimal 30 menit setiap harinya.

Jika cara menghilangkan benjolan ambeien di atas tidak dapat mengatasi masalah Anda, maka periksakan diri ke dokter. Dokter akan memprioritaskan penanganan tanpa operasi, namun bila wasir Anda sudah sangat parah atau amat mengganggu, bukan tidak mungkin Anda akan diminta menjalani prosedur pembedahan. 

Itulah informasi mengenai Salep Faktu dan pengobatan wasir lainnya. Semoga Anda lekas sembuh! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *