Lip Cream Matte Bisa Bikin Bibir Kering?

Banyak sekali yang menggemari lip cream matte karena tampilannya yang seakan menyatu dengan bibir. Namun banyak yang khawatir lipstik ini akan membuat bibir jadi kering.

Apalagi tekstur lipstik matte yang langsung menempel dengan kulit, pasti tidak cocok jika sedari awal bibir juga sudah kering. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Apa itu lip cream matte?

Matte merupakan istilah untuk menyebut tampilan akhir bebas kilau, menempel dengan permukaan. Saat diaplikasi ke bibir dalam bentuk lipstik atau lip cream juga dapat membuat bibir terlihat penuh. 

Jenis matte banyak digemari karena terbukti dapat bertahan lama dan tidak mudah menempel di gelas ataupun tisu. Biasanya orang-orang menggunakan lip balm sebelum mengaplikasikan lip matte agar bibir tetap lembap dan terhidrasi.

Benarkah lip cream matte bisa bikin bibir kering?

Secara umum, lipstik matte dapat menyebabkan bibir terlihat lebih kering, dan hal ini bisa menjadi semakin buruk jika bibir Anda sudah kering sebelum menggunakannya. Lip matte juga dapat membuat bibir terlihat lebih ‘tebal’ dan bersisik. 

Formula lip matte tidak mengandung minyak lebih banyak dari jenis lipstik lainnya, hal inilah yang membantu lipstik lebih tahan lama berada di bibir.

Namun, untuk jenis lip cream matte memadukan dua jenis lipstik, yaitu cream dan matte. Lip cream biasanya mengandung pigmen, lilin, dan minyak yang lebih banyak, sehingga dapat mengatasi bibir kering setelah penggunaan matte.

Biasanya lip cream matte mengandung tambahan minyak seperti jojoba oil, ester oil, dan bahkan vitamin A dan E yang tak hanya melembapkan bibir namun juga membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan bibir menghitam.

Anda juga dapat membantu bibir jadi lebih lembap secara alami jika ingin tetap menggunakan lip cream matte. Yang pertama, rutinkan eksfoliasi bibir setidaknya 1-2 kali seminggu, misalnya menggunakan campuran madu+gula.

Kemudian setelah eksfoliasi, aplikasikan lip balm untuk melembapkan bibir. Aplikasikan lip balm juga sebelum menggunakan lip cream matte, dan setelahnya gunakan lip primer atau foundation untuk membantu lipstik lebih merata dan tahan lama. 

Tips mengatasi bibir kering

Bibir kering dapat terjadi pada siapa saja. Cara mengatasinya juga tidak terlalu sulit, antara lain:

1. Rutin gunakan produk bibir yang tidak mengiritasi

Sensasi terbakar, tertusuk, atau kesemutan setelah mengaplikasikan produk bibir seperti lip balm atau lipstik bukanlah hal yang wajar. Hal tersebut merupakan tanda bahwa ada bahan keras yang mengiritasi kulit, sehingga sebaiknya Anda hentikan penggunaannya.

Hindari produk yang menggunakan bahan eucalyptus, menthol, lanolin, parfum, phenol, dan asam salisilat. Ganti dengan bahan-bahan yang membantu menyembuhkan bibir kering seperti ceramide, minyak mineral, dimetikon, shea butter, petrolatum, titanium oxide, dan zinc oxide. 

2. Gunakan lip balm sesering mungkin dan sebelum tidur

Menggunakan lip balm pada waktu-waktu tersebut dapat membantu mengatasi bibir kering. Apabila bibir Anda sangat kering dan pecah-pecah, bisa menggunakan petroleum jelly.

3. Gunakan lip balm dengan SPF 30 atau lebih

Sebelum Anda pergi keluar rumah, aplikasikan lip balm dengan kandungan SPF 30 atau lebih untuk melindungi bibir dari sinar matahari. Sinar matahari dapat menyebabkan sensasi terbakar pada bibir kering dan pecah-pecah.

4. Berhenti menggigit atau menjilat bibir

Menggigit bibir atau menjilat bibir merupakan kebiasaan yang sering tidak kita sadari lakukan saat bibir kering. Kebiasaan tersebut justru bisa memperburuk kondisi bibir kering, oleh karena itu ganti dengan rutin menggunakan lip balm.

5. Hindari kontak dengan metal

Apakah Anda terbiasa menggigit perhiasaan, jarum pentul, atau peniti dengan bibir? Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut terutama jika bibir Anda kering karena dapat menyebabkan iritasi.

6. Gunakan humidifier

Humidifier dapat membantu menambah kelembapan di dalam kamar atau rumah Anda, sehingga membantu mengatasi bibir kering. Termasuk jika Anda bernapas melalui mulut saat tidur.

Di sisi lain, bibir kering dan pecah-pecah bisa disebabkan oleh hal lain selain penggunaan lip cream matte. Misalnya sepert cuaca panas dan kering, reaksi alergi, infeksi jamur, dan beberapa penyakit serius yang sebaiknya Anda periksakan ke dokter. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *