Macam-macam Zat Aktif dalam Obat Lacoldin Tablet

Lacoldin Tablet

Lacoldin tablet merupakan obat tablet yang digunakan untuk meredakan gejala flu. Gejala ini meliputi batuk, demam, pilek, hidung tersumbat, dan lain sebagainya. 

Obat ini mengombinasikan berbagai macam zat aktif yang terbukti ampuh dalam meringankan gejala flu. Masing-masing zat aktif bekerja dengan cara yang berbeda-beda, namun semuanya bisa bekerja sama saat dikombinasikan sebagai obat flu. 

Apa saja zat aktif dalam obat Lacoldin Tablet?

Ada empat zat aktif yang menjadi komposisi utama dalam obat ini. Keempat zat tersebut meliputi: 

  • Parasetamol

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis obat parasetamol. Parasetamol memiliki kemampuan untuk meredakan nyeri serta menurunkan demam. 

Karena bisa meredakan nyeri secara umum, parasetamol bisa mengatasi nyeri yang Anda alami akibat flu, seperti nyeri kepala atau sakit tenggorokan. Parasetamol meredakan nyeri dengan cara mengurangi produksi zat yang menyebabkan peradangan. 

Kandungan parasetamol bisa bekerja dengan sangat baik ketika dikonsumsi secara oral melalui obat tablet.

  • Phenylpropanolamine

Kandungan yang satu ini merupakan zat yang bekerja dengan mempersempit pembuluh darah di berbagai bagian tubuh. Dalam hal ini, karena digunakan untuk mengatasi gejala flu, phenylpropanolamine mampu mengecilkan pembuluh darah di sekitar hidung dan sinus.

Penyempitan pembuluh darah pada hidung akan memicu aliran darah yang lebih besar pada saluran tersebut. Ini akan berdampak pada berkurangnya hambatan atau sumbatan di hidung yang biasanya merupakan salah satu dari gejala flu.

Dalam obat Lacoldin tablet, kandungan phenylpropanolamine yang dipakai sebanyak 12,5 mg. 

  • Chlorpheniramine

Zat aktif berikutnya adalah chlorpheniramine. Chlorpheniramine merupakan jenis kandungan antihistamin, yaitu kandungan yang mengurangi efek histamin alami pada tubuh.

Efek histamin adalah efek yang memicu seseorang bisa mengalami gejala flu seperti bersin-bersin, hidung gatal,  mata berair, dan hidung meler. Adanya kandungan ini di dalam obat Lacoldin tablet akan membantu meredakan gejala-gejala tersebut. 

Kandungan ini cenderung mudah diserap oleh saluran pencernaan Anda. Nantinya, zat ini akan dikeluarkan melalui urin atau feses. 

  • Dextromethorphan

Dextromethorphan juga ada pada obat ini. Ini adalah kandungan penekan batuk yang bekerja dengan menahan batuk. Kandungan ini akan memengaruhi sinyal otak yang memicu refleks batuk agar batuk Anda berkurang.

Sebenarnya, kandungan dextromethorphan lebih sering dipakai untuk mengatasi batuk. Akan tetapi, kandungan ini juga bisa dipakai dalam obat flu seperti Lacoldin tablet karena batuk seringkali menjadi salah satu gejala dari flu. 

Bagaimana cara pemakaian obat yang tepat?

Obat ini tergolong sebagai obat ringan yang dijual secara bebas. Untuk mendapatkannya, Anda tidak perlu menggunakan resep dari dokter. Akan tetapi, pastikan Anda memakainya sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

  • Untuk pengguna dewasa, dosisnya 1 tablet sekali makan sebanyak 3-4 kali dalam sehari
  • Untuk pengguna anak-anak usia 6-12 tahun, dosisnya setengah tablet sebanyak 3-4 kali dalam sehari 

Pastikan Anda mengikuti dosis pemakaian sesuai dengan usia. Pemakaian yang tidak sesuai dengan dosis berisiko menyebabkan efek samping yang lebih serius.

Sebaiknya, jangan konsumsi obat ini dalam keadaan perut kosong. Pastikan Anda sudah makan lebih dulu sebelum menggunakannya. 

Perlu diperhatikan, obat ini bisa membuat Anda lebih mudah mengantuk. Oleh sebab itu, pastikan Anda menyiapkan waktu untuk beristirahat setelah meminum obat Lacoldin tablet ini. Tidur yang cukup bisa membantu memaksimalkan penyembuhan gejala flu Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *