Massa Otot Lebih Kuat dengan Manfaat Olahraga Kettlebell

Kettlebell memiliki material seperti barbel yang terbuat dari besi atau baja. Bentuk kettlebell menyerupai bola meriam dengan pegangan yang terpasang. Ada banyak variasi ukuran kettlebell dan berkisar dari 4 pon hingga 175 pon. Kebanyakan kettlebell diberi label dalam kilogram (kg), jadi perhatikan beratnya sebelum latihan atau membelinya.

Olahraga kettlebell sangat efektif karena strukturnya, sering kali terasa lebih berat daripada dumbbell tradisional karena pusat gravitasinya. Inilah sebabnya mengapa kettlebell lebih efektif dalam meningkatkan kekuatan dan keseimbangan. Selain itu, kettlebell dapat menjadi alternatif untuk para pelari karena mampu mengaktifkan otot yang berperan besar untuk meningkatkan aktivitas pernapasan.

12 Rekomendasi Kettlebell untuk Tubuh Lebih Kuat dan Indah

Manfaat olahraga kettlebell

Manfaat olahraga kettlebell hampir tidak ada habisnya. Salah satu keuntungan paling signifikan menggunakan kettlebell adalah untuk daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dari kebanyakan latihan khas yang berfokus pada daya tahan kekuatan namun tidak pada daya tahan daya.

Daya tahan daya melibatkan gerakan yang dilakukan dengan cepat. Latihan-latihan ini memaksa Anda untuk melakukan gerakan dengan cepat dan mengaktifkan kontraksi otot dengan cepat, sehingga mampu memberi Anda lebih banyak kekuatan dan pembakaran kalori yang lebih besar. Lebih lengkapnya, berikut ini manfaat dari kettlebell.

1. Meningkatkan kekuatan cengkram

Kettlebell memiliki pegangan yang lebih tebal (lebih tebal dari halter atau barbel), sehingga kettlebell mampu meningkatkan kekuatan cengkeraman Anda. Dengan menggerakkan kettlebell, pusat gravitasinya bergerak dengan cengkeraman dan memberi Anda kontraksi otot yang lebih dinamis.

2. Tidak memerlukan ruangan besar untuk berlatih 

Bagi Anda yang malas pergi ke tempat fitnes, jangan khawatir. Anda hanya perlu membeli kettlebell untuk berlatih sendiri di rumah dan ruang yang lebih kecil. Sehingga olahraga kettlebell sangat ideal dilakukan di mana saja dan tidak memerlukan tempat penyimpanan yang besar dan mudah untuk dibersihkan. 

3. Membakar kalori dalam waktu cepat

Sebagian besar dari orang menjalani kehidupan yang serba cepat dan tidak memiliki dua atau tiga jam sehari untuk latihan yang berat. Menggunakan kettlebell untuk latihan seluruh tubuh sangat efektif meski hanya dilakukan dalam 20 menit. Latihan ini akan memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk menjalani hari-hari tanpa perlu berlatih dalam waktu terlalu lama.

5. Latihan kardio yang efektif

Latihan kettlebell sangat dinamis dan membutuhkan penggunaan berbagai kelompok otot. Saat Anda melakukan berbagai gerakan, detak jantung akan mulai meningkat dan memberi Anda latihan kardio bawaan yang lebih maksimal.

6. Meningkatkan kekuatan tubuh 

Latihan kettlebell memaksa Anda untuk memanfaatkan gerakan pinggul dan glutes. Melakukan ayunan menggunakan kettlebell, misalnya, meningkatkan stabilitas Anda dan melatih glutes, yang baik dalam memberi kekuatan.

7. Meningkatkan stabilitas tubuh 

Manfaat luar biasa dari latihan kettlebell adalah melatih otot inti Anda. Saat melakukan jongkok, misalnya, Anda akan memiliki otot inti yang kuat dan meningkatkan kekuatan bentuk tubuh  secara keseluruhan.

8. Membentuk postur tubuh

Ada begitu banyak fokus untuk menjaga tubuh tetap stabil dan memiliki inti yang kokoh, sehingga Anda secara alami akan tertarik pada postur yang lebih baik. Latihan menggunakan kettlebell seperti gerakan membungkuk atau squat selama latihan dapat menyebabkan cedera, sehingga Anda harus berhati-hati. Pastikan untuk tetap memiliki postur tubuh yang tegap, sehingga badan Anda akan terlatih dan menjadi lebih bagus dan terhindar dari masalah ketika menjalankan olahraga ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *