Mengetahui Seluk Beluk Pantopump 40 mg Obat Apa?

pantopump 40 mg obat apa

Tukak lambung adalah sebuah kondisi di mana terdapat luka terbakar pada bagian lapisan lambung. Ulkus juga dapat terjadi di bagian usus dekat lambung, yang kemudian kondisi ini akan dikenal dengan sebutan duodenal ulcers. Gejala yang paling sering dijumpai saat seseorang menderita tukak lambung adalah adanya sensasi terbakar dan nyeri pada bagian tengah perut. 

Namun, tukak lambung tidak selamanya menyakitkan, dan beberapa orang dapat mengalami gejala lain, seperti gangguan pencernaan, maag, dan perasaan seperti sakit. Jika Anda penasaran Pantopump 40 mg obat apa, obat ini digunakan untuk merawat tukak lambung. 

Setelah Anda mengetahui Pantopump 40 mg obat apa, Anda perlu tahu perawatan lain tukak lambung. Perawatan akan bergantung pada apa yang menyebabkan tukak lambung itu sendiri. Kebanyakan ulkus dapat diobati lewat obat resep dari dokter, namun dalam kasus yang lebih jarang dijumpai, operasi mungkin diperlukan. 

Sangat penting untuk segera merawat ulkus. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mendiskusikan rencana perawatan. Apabila Anda memiliki ulkus yang terus berdarah, Anda perlu mendapatkan rawat inap di rumah sakit dan mendapatkan perawatan intensif menggunakan endoscopy dan obat ulkus IV. Anda bahkan perlu mendapatkan transfusi darah. 

  • Perawatan non-operasi

Apabila tukak lambung Anda disebabkan oleh H. pylori, Anda membutuhkan antibiotik dan obat yang disebut penghambat pompa proton (PPI). PPI akan menghambat sel lambung yang memproduksi asam. Sebagai tambahan untuk perawatan ini, dokter juga akan merekomendasikan penghambat reseptor H2 (obat yang juga menghambat produksi asam), penghentian penggunaan NSAID, endoscopy lanjutan, probiotic (bakteri bermanfaat yang dapat memiliki peran dalam membunuh H. pylori), dan suplemen bismuth. 

Gejala ulkus dapat berangsur-angsur membaik dengan perawatan yang tepat. Namun, meskipun gejala Anda benar-benar mereda, Anda tetap harus terus mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dan anjuran dokter. Hal ini khususnya sangat penting pada kasus infeksi H. pylori, guna memastikan seluruh bakteri benar-benar mati. Beberapa efek samping dari obat-obatan yang digunakan untuk merawat tukak lambung di antaranya adalah mual, pusing, sakit kepala, diare, dan nyeri perut. Efek samping ini biasanya bersifat sementara. Apabila efek samping ini membuat rasa tidak nyaman ekstrim, hubungi dokter seputar kemungkinan mengganti pengobatan. 

  • Perawatan operasi

Dalam kasus yang sangat langka, tukak lambung yang rumit dapat membutuhkan perawatan operasi. Hal ini mungkin dibutuhkan untuk kasus ulkus yang terus menerus muncul, tidak kunjung sembuh, berdarah, sobekan di lambung, dan mencegah makanan mengalir dari lambung ke usus halus. Operasi dapat melibatkan pengangkatan seluruh ulkus, mengambil jaringan dari bagian usus lain dan menempelkannya di atas daerah ulkus, mengikat arteri yang berdarah, dan memotong pasokan saraf ke lambung untuk mengurangi produksi asam lambung. 

Anda kini tahu Pantopump 40 mg obat apa. Selain menggunakan obat ini untuk mengatasi tukak lambung, Anda bisa menunjang kesehatan saluran usus dan kesehatan keseluruhan dengan mengonsumsi jenis makanan yang menyehatkan. Di masa lalu, dipercaya bahwa diet dapat menyebabkan ulkus. Saat ini kita tahu bahwa klaim tersebut tidak benar adanya. 

Kita juga tahu bahwa makanan yang kita konsumsi tidak akan menyebabkan atau menyembuhkan tukak lambung. Namun, mengonsumsi diet yang sehat akan bermanfaat untuk saluran pencernaan Anda. Pada umumnya, sangat direkomendasikan untuk siapa saja untuk mengonsumsi makanan berupa sayuran, buah, dan serat. Makanan tersebut dapat membantu tubuh melawan bakteri H. pylori dan meningkatkan bakteri sehat yang ada di dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *