Obat Demam Anak yang Alami dan Mudah Ditemukan

obat demam anak

Demam merupakan kondisi yang memungkinkan shu tubuh melebihi 37 derajat celcius dan disertai gejala lain, seperti: nyeri, pusing, menggigil dan berkeringat dingin.

Gangguan ini kerap dialami oleh anak-anak lantaran daya tahan tubuhnya yang lebih lemah dibandingkan orang dewasa. Demam pada anak bisa menandakan bahwa tubuh sedang melawan bakteri atau zat asing yang masuk, namun juga dapat terjadi karena gangguan penyakit lainnya.

Sebelum membawanya ke dokter, Anda dapat menurunkan panas pada anak dengan memberikan beberapa obat demam anak yang alami seperti berikut ini:

Obat Demam Anak Alami

  1. Jahe

Sejak dulu jahe telah terbukti ampuh sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit serta meningkatkan daya tahan tubuh. Segelas teh jahe hangat mengandung senyawa antibakteri yang baik untuk melawan demam dan batuk pada anak. Anda dapat mencampur air irisan jahe dengan satu sendok madu untuk dikonsumsi sebagai obat demam anak.

  1. Lemon dan madu

Obat penurun panas tradisional berikutnya adalah campuran air lemon dan madu. Cukup berikan 1 sdm perasan lemon ditambah 1 sdm madu kepada anak. Selain menurunkan demam, kombinasi kedua bahan ini dapat memperkuat daya tahan serta menyegarkan tubuh kembali.

  1. Air kelapa

Penting untuk menjaga anak tetap terhidrasi ketika sedang demam. Pastikan asupan air terpenuhi agar anak sering buang air kecil. Selain itu, air kelapa juga bagus diberikan pada anak yang demam karena kandungan mineral dan elektrolit-nya efektif untuk mencegah dehidrasi sehingga tubuh pun bisa segera pulih.

  1. Lidah buaya

Selain untuk kecantikan, ternyata gel lidah buaya bisa digunakan untuk mengompres tubuh anak yang sedang demam. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya ke seluruh permukaan tubuh ataupun memberikan minuman olahan lidah buaya untuk menurunkan panas demam anak..

  1. Sayur dan buah

Buah-buahan yang kaya air seperti melon dan semangka baik diberikan untuk anak yang sedang demam. Ketika tidak enak badan anak biasanya kurang nafsu makan, maka dari itu Anda dapat membuatkan salad atau jus buah dan sayur untuk mengembalikan nafsu makannya serta nutrisi pun tetap terpenuhi.

  1. Mandi air hangat

Hindari penggunaan air dingin saat memandikan anak yang sedang demam karena bisa membuatnya menggigil dan menyebabkan suhu tubuh naik. Gunakanlah air hangat untuk rendaman mandinya. Mandi air hangat dapat menurunkan suhu tubuh dan membuat anak merasa nyaman.

  1. Chamomile

Teh chamomile merupakan obat penurun panas alami yang bekerja dari dalam tubuh. Rebus dan rendam chamomile sekitar satu menit lalu campurkan satu sendok madu ke dalamnya. Berikan anak teh chamomile ini dua kali sehari agar demamnya segera turun. Anda bisa menemukan chamomile kering di toko obat herbal.

  1. Bawang merah

Siapa sangka bumbu dapur ini ampuh menurunkan suhu tubuh yang panas? Sehingga dapat mengurangi rasa nyeri akibat demam. Anda dapat mengiris beberapa butir bawang merah dan mencampurkannya dengan minyak telon  atau minyak kayu putih, lalu balurkan ke seluruh permukaan tubuh sembari dipijat. Lakukan dua kali sehari maka panas anak akan segera turun.

Obat demam anak alami di atas hanyalah upaya sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan demam yang ringan. Apabila demam semakin berat dan tak kunjung turun membaik, segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan meresepkan obat demam yang tepat untuk meredakan gejalanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *