Obat Oskadon Sp: Jenis, Kandungan, dan Interaksi Obat

Anda pasti sering mendengar tentang obat satu ini karena memiliki slogan maupun iklan yang mudah diingat. Oskadon adalah obat yang memiliki manfaat mulai dari penurun demam, pereda nyeri otot, dan sakit kepala. Oskadon sendiri hadir dalam berbagai jenis, seperti Oskadon sakit kepala, Oskadon Sp, hingga Oskadon flu dan batuk. 

Tiap jenis memiliki kandungan dan formulasinya sendiri walaupun hampir mirip. Contohnya adalah yang akan dibahas, yaitu Oskadon Sp sebagai pereda nyeri otot punggung dan pinggang. Agar Anda dapat memilih jenis mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut SehatQ berikan penjelasan tentang obat Oskadon Sp dari jenis, kandungan, hingga interaksi obat.

Macam-macam obat Oskadon

  • Oskadon Sp: Mengandung ibuprofen dan parasetamol untuk meredakan nyeri otot, pegal linu, sakit kepala dan nyeri pada telinga, demam serta nyeri haid. 
  • Oskadon Sakit Kepala: Mengandung parasetamol dan kafein untuk mengurangi sakit kepala tanpa menimbulkan efek kantuk. Selain itu, juga untuk meredakan demam, sakit gigi, dan nyeri pada tubuh.
  • Oskadon Extra: Mengandung ibuprofen, parasetamol, dan kafein untuk menurunkan demam tanpa kantuk, serta meredakan sakit kepala yang mencengkeram di bagian belakang kepala dan leher.

Obat Oskadon Sp

Obat Oskadon Sp sudah sering ditemukan di apotik, minimarket hingga di warung-warung. Obat Oskadon Sp sendiri aman untuk pengobatan sendiri dan sudah dijamin halal. Perlu diketahui, obat produksi Supra Ferbindo Farma ini, termasuk dalam golongan obat bebas terbatas. 

Obat bebas terbatas sendiri memiliki tanda khusus berupa lingkaran biru dengan garis tepi berwarna hitam. Obat bebas terbatas memiliki arti obat yang dijual bebas dan dapat dibeli tanpa melampirkan resep dokter, namum terdapat tanda peringatan pemakaian obat. 

Untuk itu, konsumsi obat Oskadon Sp hanya boleh dengan takaran dan kemasan tertentu. Umumnya golongan obat bebas terbatas diberi tanda peringatan berupa persegi panjang berwarna hitam sedangkan hurufnya berwarna putih. Pesan peringatan tersebut terdiri dari 6 macam. Perhatikan baik-baik tanda peringatan pada kemasan.

Kandungan obat Oskadon Sp

Obat Oskadon Sp memiliki dua kandungan utama yaitu ibuprofen dan parasetamol. Komposisi dari keduanya, yaitu Ibuprofen 200 mg dan parasetamol 350 mg. Keduanya bekerja sebagai pereda nyeri (analgesik) dan penurun demam (antipiretik). Tentunya kedua kandungan ini sudah ditakar dengan dosis yang telah disesuaikan.

  • Ibuprofen

Ibuprofen sendiri dapat mengobati nyeri ringan sampai sedang, seperti nyeri pada gigi atau pencabutan gigi, nyeri pasca bedah, sakit kepala, gejala artritis reumatoid, gejala osteoartritis, gejala juvenile artritis reumatoid, nyeri haid, dan menurunkan demam pada anak.

Obat ini termasuk dalam obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) yang bekerja dengan menghalangi produksi zat alami yang dapat menyebabkan peradangan (inflamasi) di tubuh. Dengan berkurangnya zat tersebut maka pembengkakan, nyeri, atau demam pun dapat menurun juga.

  • Parasetamol 

Parasetamol juga memiliki manfaat yang sama, yaitu untuk mengobati nyeri ringan sampai sedang serta digunakan untuk menurunkan demam. Jika ibuprofen adalah obat antiinflamasi, parasetamol tidak bekerja demikian. 

Interaksi obat

Oskadon Sp dengan kandungan yang telah disebut sebelumnya, tidak boleh sembarang dikonsumsi dengan obat lain. hal ini dapat meningkatkan efek samping dan obat tidak bekerja maksimal. 

Obat yang tidak boleh digunakan bersamaan, antara lain isoniazid dan alkohol karena akan berisiko terjadi kerusakan hati, antikoagulan yang berisiko terjadi pendarahan, dan sodium fusidat karena meningkatkan efek samping yang fatal.

Untuk ibu hamil dan menyusui, Anda yang memiliki gangguan fungsi hati atau ginjal yang berat, gangguan pernapasan seperti asma, dan penderita gagal jantung atau gangguan jantung yang berat tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat tersebut.

Seperti yang sudah dipaparkan, obat Oskadon memiliki macam dengan manfaat dan kandungannya sendiri. Anda dapat memilih jenis yang Anda butuhkan. Untuk nyeri otot dan demam, Anda dapat memilih Oskadon Sp yang memiliki kandungan ibuprofen dan parasetamol yang sudah disesuaikan. 

Perhatikan tanda peringatan pada obat karena obat ini termasuk dalam obat bebas terbatas. Selain itu, perhatikan pula kandungan obat dan kondisi Anda sebelum mengonsumsinya. 

Anda bisa mendapatkan Oskadon Sp maupun jenis lainnya di Toko SehatQ. Kunjungi Toko SehatQ melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ yang dapat diunduh di App Store dan Play Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *