Obat Sariawan Paling Ampuh Dengan Bahan Alami

Sariawan adalah lesi kecil yang berkembang di mulut atau di dasar gusi yang menyebabkan rasa sakit. Sehingga membuat Anda tidak nyaman saat makan, minum dan berbicara. Sariawan tidak menular dan biasanya akan hilang dalam satu hingga dua minggu. Namun karena rasa nyeri yang mengganggu, banyak orang mencari obat sariawan paling ampuh agar sariawan cepat mereda.

Obat Sariawan Paling Ampuh

Saat sariawan, banyak orang tua yang menyuruh kita untuk mengonsumsi makanan pedas agar sariawan cepat sembuh. Padahal mengonsumsi makanan pedas saat sariawan sedang meradang justru akan membuat sariawan bertambah parah.

Sariawan HIV rasanya lebih sakit dan lebih parah ketimbang sariawan biasa

Lalu apa yang bisa meredakan sariawan? Berikut merupakan daftar bahan alami yang bisa membantu Anda meredakan sariawan.

  1. Madu

Madu dikenal karena kemampuan antibakteri dan anti-inflamasinya. Menurut sebuah studi, madu efektif mengurangi nyeri sariawan serta juga dapat membantu mencegah infeksi sekunder. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan madu ke bagian yang sakit empat kali sehari.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan menggunakan air garam dapat membantu untuk meringankan nyeri akibat sariawan. Meski saat berkumur mungkin akan terasa sakit, namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini.

Untuk menggunakannya, Anda bisa melarutkan 1 sendok teh garam pada ½ cangkir air hangat saat sudah merata berkumurlah dengan larutan air garam di mulut selama 15 hingga 30 detik dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

  1. Minyak kelapa

Dalam sebuah penelitian menunjukkan jika minyak kelapa memiliki kemampuan antimikroba yang dapat mengatasi sariawan akibat bakteri sekaligus mencegahnya agar tidak menyebar ke bagian mulut lainnya. Minyak kelapa juga memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit akibat sariawan.

Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke bagian sariawan dan ulangi selama beberapa kali dalam sehari hingga sariawan Anda hilang.

  1. Teh Chamomile

Chamomile dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit pada sariawan karena bersifat anti inflamasi. Chamomile juga sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti bisul, wasir hingga meredakan kram saat menstruasi.

Anda bisa menempelkan kantong teh chamomile yang sudah basah atau digunakan lalu oleskan langsung pada sariawan atau berkumur dengan menggunakan air seduhan teh chamomile. Ulangi selama tiga sampai empat kali sehari.

  1. Teh Sage

Teh sage sudah lama digunakan untuk mengobati radang mulut karena memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi dan antiseptik. Berkumur dengan teh sage bisa membantu menghilangkan rasa sakit.

Anda menggunakan teh sage dengan cara berikut ini:

  • Tambahkan 1 atau 2 sendok makan daun sage segar di air mendidih.
  • Diamkan selama 5 menit
  • Saring dan biarkan hingga larutannya dingin.
  • Kemudian kumur mulut Anda dengan larutan tersebut selama beberapa menit.

Penyebab Sariawan

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab sariawan, yaitu:

  • Infeksi virus
  • Stres
  • Kekurangan vitamin atau mineral, seperti vitamin B-12, zat besi, atau folat
  • Masalah sistem kekebalan tubuh
  • Cedera pada mulut seperti bagian dalam bibir yang tidak sengaja tergigit
  • Penggunaan kawat gigi

Untuk mencegah sariawan, hindari mengonsumsi makanan yang bisa mengiritasi mulut seperti buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti nanas, jeruk bali, jeruk, atau lemon. Selain itu, jangan berbicara saat sedang makan untuk mengurangi risiko bibir tergigit. Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi setiap hari.

Saat sariawan sedang meradang, hindari mengonsumsi minuman dan makanan berkafein seperti kopi, soda, cola dan coklat. Hindari juga mengonsumsi obat kumur dengan kandungan alkohol. Anda juga bisa menggunakan obat sariawan paling ampuh yang banyak beredar di pasaran jika cara-cara diatas tidak mampu membuat sariawan sembuh lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *