Panadol Extra, Apa Saja Kandungan yang Terdapat di Dalamnya?

Panadol extra mungkin bukanlah hal yang asing untuk Anda. Pasalnya, Panadol merah ini termasuk obat yang dijual bebas dan dapat digunakan tanpa resep dokter untuk mengatasi berbagai gejala penyakit. Namun, apakah Anda tahu apa saja kandungan yang terdapat pada obat ini dan apa fungsinya?

Oleh karena itulah kali ini kami akan membahas tentang apa saja kandungan yang terdapat pada Panadol ekstra dan kira-kira siapa saja yang boleh mengonsumsinya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Apa itu Panadol Extra?

Panadol extra adalah salah satu jenis obat yang digunakan untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi, sakit pada otot, nyeri yang mengganggu dan menurunkan demam secara cepat dan efektif. Anda dapat mengonsumsi obat ini tanpa perlu resep dokter. Namun, Anda tetap harus membaca aturan pakai untuk mengonsumsinya. Pun, jika sakit terus berlanjut segera hubungi dokter. 

Kandungan dalam Panadol extra

Panadol ekstra mengandung dua bahan aktif, yaitu paracetamol 500 mg dan caffeine 65 mg. Adapun dua bahan aktif tersebut meliputi:

  1. Paracetamol

Paracetamol adalah jenis obat penghilang rasa sakit yang umum digunakan untuk mengobati sakit dan nyeri. Ini juga dapat digunakan untuk mengurangi suhu tubuh seseorang. Umumnya, paracetamol digunakan untuk mengatasi berbagai pengobatan terkait flu atau pilek. 

Bahan utama paracetamol adalah acetaminophen. Ini membawa sifat antipiretik dan analgesik. Bahan tersebut bekerja dengan memblokir jalan Nitric oxide (NO) dan mengintervensi berbagai reseptor neurotransmitter. Ini mengarah pada peningkatan pada nyeri di tubuh. Efek antipiretik disebabkan ketika sintesis prostaglandin diblokir dan bahan kimia tersebut mengganggu pusat pengatur panas yang terletak di hipotalamus anterior. 

Paracetamol membutuhkan waktu hingga satu jam untuk dapat bekerja. Dosis paracetamol yang biasa adalah satu atau dua tablet 500 mg sekaligus. Namun, disarankan untuk tidak minum paracetamol dengan obat lain yang mengandung paracetamol lain. Paracetamol 500 mg yang terdapat pada Panadol ekstra tidak boleh diberikan pada anak di bawah usia 12 tahun.  

Manfaat lain paracetamol

Beberapa obat yang telah dikombinasikan dengan paracetamol memiliki manfaat untuk mengatasi:

  • Alergi 
  • Batuk
  • Demam
  • Kram menstruasi
  • Sakit perut
  • Osteoporosis 
  • Sakit kepala
  • Influenza
  • Dingin
  • Spondylitis
  • Sakit di telinga
  • Artritis rheumatoid
  1. Caffeine 65 mg

Kandungan lain pada Panadol ekstra selain paracetamol adalah caffeine atau kafein 65 mg. Mirip dengan paracetamol, kafein juga diindikasikan untuk menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan sementara yang terkait beberapa kondisi. 

Kafein diklaim dapat meningkatkan khasiat paracetamol. Namun, kadar plasma puncak dan tingkat absorpsi serupa untuk paracetamol dengan kafeiin. Dibandingkan dengan paracetamol saja, seseorang yang memakai kombinasi paracetamol dan kafein mungkin lebih mungkin mengalami efek samping daripada mendapatkan analgesik yang lebih baik. 

Kafein dapat menyebabkan efek samping

Jumlah kafein yang dapat dicerna per hari dari gabungan paracetamol dan kafein adalah 65 mg. Bahkan dosis kecil 50 mg kafein dapat menyebabkan takikardia, kecemasan, dan denyut ektopik. Toksisitas biasanya terlihat pada dosis >500 mg, tetapi ini tergantung pada toleransi masing-masing individu. 

Pertimbangkanlah apakah paracetamol dan kafein diperlukan untuk Anda konsumsi atau tidak. Dan, apakah Anda perlu untuk Anda mengonsumsinya!

Jadi, Panadol extra adalah obat dengan dua bahan aktif, yang terdiri dari paracetamol 500 mg dan kafein 65 mg. Obat ini berfungsi untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi yang mengganggu serta menurunkan demam dengan cepat dan efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *