PCR Swab adalah Gold Standard Pendeteksi Covid-19, Masihkah Demikian?

PCR Swab adalah

Ada beberapa jenis pemeriksaan yang menjadi tolok ukur dalam mendiagnosis apakah seseorang terinfeksi Covid-19. Yang umum kita ketahui ialah tes antibodi (rapid test), tes swab antigen, dan tes swab PCR. Tes PCR swab adalah jenis pemeriksaan yang sampai saat ini dinilai paling akurat, dan selalu menjadi bentuk penentuan terakhir kondisi tubuh seseorang terkait covid-19. 

Tes PCR swab adalah salah satu pemeriksaan molekuler untuk pasien yang terduga terinfeksi Covid-19. Tes ini merupakan rekomendasi yang dibuat oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) sejak pandemi covid-19 merebak di seluruh dunia. 

Jenis pemeriksaan ini digunakan untuk mendeteksi covid-19 dengan mencari jejak materi genetik virus pada sampel yang telah dikumpulkan. Sampel yang dikumpulkan tersebut diambil melalui teknik usap hidung atau tenggorokan.  

Hasil yang ditunjukkan dari tes PCR swab adalah positif atau negatif. Hasil pemeriksaan positif menandakan pasien tersebut telah terinfeksi covid-19. Pasien tersebut pun harus melakukan isolasi di tempat khusus atau mendapatkan perawatan dari tenaga medis di rumah sakit. Namun, jika hasil pemeriksaan tes PCR swab negatif berarti pasien tersebut tidak menderita Covid-19. 

Apa saja tahap yang dijalankan pada proses tes PCR swab? Simak urutan di bawah ini: 

  • Dokter akan meminta pasien untuk melepas masker dan membuang ingus dari hidung bila ada. 
  • Dokter akan meminta pasien mendongakkan kepala untuk memudahkan proses pengambilan sampel. 
  • Dokter akan memasukkan alat usap yang menyerupai kapas pentol (cotton bud) panjang ke dalam hidung hingga ke nasofaring (bagian atas tenggorokan yang terletak di bagian belakang hidung). 
  • Dokter akan memutar atau menggerakkan alat usap beberapa kali (sekitar 15 detik) agar lendir di nasofaring menempel di alat usap. 
  • Setelah proses pengambilan sampel lendir selesai, dokter akan menarik alat usap secara perlahan dan pasien akan diminta memakai masker kembali. 

RS Mustika Media, Faskes Penyedia Tes PCR Swab dengan Promo Setengah Harga dan Hasil Kilat 

Kebanyakan masyarakat dewasa ini mencari faskes yang menawarkan tes PCR swab dengan pemerolehan hasil yang cepat. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa tuntutan seperti syarat untuk melakukan perjalanan atau bekerja. Seperti umum diketahui, hasil tes PCR swab dapat memakan waktu hingga 2 atau 3 hari. 

Terkait biaya, masyarakat perlu merogoh kocek lebih dalam untuk menjalankan tes PCR swab. Biaya yang harus dikeluarkan untuk pemeriksaan ini umumnya mencapai jutaan rupiah. Masyarakat perlu lebih jeli lagi untuk menemukan faskes yang menyediakan harga yang lebih terjangkau dengan pelayanan berkualitas. 

Untuk kamu yang berdomisili di Bekasi, menemukan faskes yang menawarkan tes PCR swab dengan harga tidak terlampau tinggi, tetapi tetap mengikuti standar medis yang profesional bukan hal sulit. Pasalnya, RS Mustika Medika memiliki potongan harga sebesar 50 persen untuk tes PCR swab yang tadinya seharga Rp1.500.000 menjadi Rp750.000 saja. 

Kabar baik lainnya, hasil tes PCR swab di RS Mustika Medika dapat diketahui hanya dalam 1 hari. Nah, jika kamu memerlukan hasil pemeriksaan kilat, faskes ini patut menjadi pilihan kamu.  

Apabila kamu tertarik melakukan test PCR Swab di RS Mustika Medika, kamu bisa mendapatkan penawaran setengah harga melalui website SehatQ. Jadi, sudah cukup jelas ‘kan bahwa PCR swab adalah pemeriksaan yang hingga saat ini masih menjadi gold standard. Jadi, lakukanlah tes ini agar kamu lebih yakin akan kondisi kesehatanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *