Perawatan skoliosis di Klinik Medis Terlengkap, Dri Clinic!

Dri Clinic menjadi salah satu spesialis medis lengkap di Indonesia yang punya perawatan unggulan adalah perawatan skoliosis. Skoliosis harus diobati karena bila semakin parah dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis.

Ingin tahu mengenai perawatan skoliosis atau justru kamu sudah merencanakan akan melakukan perawatan tersebut, yuk simak informasi di bawah!

Apa itu skoliosis?

Sebelum membahas perawatan skoliosis, ada baiknya kita kenali dulu apa itu skoliosis. Skoliosis adalah kondisi kelainan tulang belakang yang melengkung, menyerupai huruf C atau S.

Biasanya kondisi ini lebih sering ditemukan pada anak-anak dalam rentang usia 10 hingga 15 tahun atau ketika sebelum mengalami masa pubertas. Orang yang menderita skoliosis punya terdapat beberapa gejala atau tanda yang bisa dialami.

Skoliosis juga bisa menyebabkan deformitas, hambatan fungsional, masalah paru. Kemungkinan skoliosis dapat bertambah parah saat dewasa, dan bahkan dapat menyebabkan gangguan psikologis.

Kapan harus ke dokter?

Mungkin kamu tidak sadar bahwa kamu menderita skoliosis, namun saat melihat tulang belakang melengkung. Ini bertujuan untuk skoliosis bisa terdeteksi sejak dini dan dapat ditangani. Sebab jika bertambah buruk dapat menyebabkan komplikasi.

Pemeriksaan skoliosis?

Ketika kamu diduga terkena skoliosis maka perlu dilakukan pemeriksaan, untuk memastikannya.

Pertama, dokter akan memeriksa riwayat kesehatan dan mungkin mengajukan beberapa pertanyaan mengenai pertumbuhan kamu.

Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik, selama pemeriksaan fisik, dokter mungkin akan meminta kamu melakukan beberapa gerakan, seperti berdiri dan kemudian membungkuk ke depan dari pinggang, dengan lengan tergantung longgar. Cara ini dilakukan untuk melihat apakah satu sisi tulang rusuk lebih menonjol daripada yang lain.

Dokter juga mungkin saja melakukan pemeriksaan tertentu untuk memeriksa kondisi tulang pasien seperti kelemahan otot, mati rasa, dan reflex pasien.

Apa Saja Jenis Perawatan Skoliosis?

Jika setelah pemeriksaan dokter mengatakan kamu menderita skoliosis. Ada beberapa jenis perawatan yang bisa kamu lakukan agar skoliosis tidak semakin parah. Terdapat beberapa pilihan terapi yang dapat kamu jalani, yaitu:

1. Observasi

Jenis perawatan observasi biasanya dilakukan pada kondisi bengkok yang tidak terlalu parah dan biasa diterapkan pada usia anak anak. Metode ini dilakukan dengan melihat dan menunggu perkembangan tulang anak.

2. Bracing atau penggunaan penyangga

Terdapat berbagai macam jenis Brace mulai dari yang lunak dan dinamis hingga yang bersifat kaku. Bracing sudah lama digunakan sebagai penanganan skoliosis awal. Penggunaannya  biasanya dilakukan untuk mencegah lekukan menjadi lebih buruk.

3. Bedah

Untuk mencegah kondisi menjadi lebih buruk atau untuk membantu meluruskan kurva tulang yang bengkok, dokter mungkin saja akan menyarankan operasi skoliosis.

Bedah juga menjadi salah satu opsi jika kondisi skoliosis menjadi semakin parah berkembang seiring waktu.

Perawatan

Selain perawatan terdapat juga beberapa latihan skoliosis yang dapat dilakukan untuk  memperbaiki postur dan meningkatkan fleksibilitas. Latihan tersebut diantaranya adalah:

  • Metode Klapp
    Dilakukan dengan cara peregangan dan penguatan otot- otot punggung dengan menggunakan posisi kucing dan posisi berlutut yang menyerupai hewan berkaki empat.
  • Metode Schroth
    Terapi skoliosis ini menggunakan latihan untuk memperkuat dan memperpanjang otot-otot yang tidak simetris pada skoliosis.

    Tujuan latihan dengan metode ini adalah untuk mengurangi nyeri, memperbaiki kondisi tulang, memperbaiki postur dan penampilan, dan menghindari tindakan operasi.

Jika kamu merasa memiliki gejala skoliosis dan ingin melakukan pemeriksaan skoliosis atau bahkan berencana melakukan perawatan skoliosis langsung datang langsung ke Dri Clinic.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *