Phi Kang Shuang dan Tips Obati Kurap

Anda menemukan ruam-ruam merah yang melingkar di berbagai area tubuh? Hati-hati, itu merupakan gejala kurap. Ruam dari kurap cenderung membuat Anda merasa gatal dan panas. Ruam yang melingkar juga kerap menimbulkan kulit bersisik. 

Penyebab kurap adalah infeksi jamur yang bisa ditularkan dari orang lain maupun dari hewan yang terindeksi. Jangan panik jika tiba-tiba Anda terserap kurap. Sejumlah cara, termasuk dengan mengoleskan Phi Kang Shuang, dapat menjadi langkah untuk meredakan gejala masalah kulit yang satu ini. 

Anda pun bisa melakukan sejumlah cara simpel di rumah untuk mengobati kurap. Berikut ini adalah tips menangani kurap menggunakan bahan-bahan alami dan mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya. 

Seringlah Cuci Area Infeksi 

Pastikan area yang tekrena infeksi jamur penyeban kurap selalu dalam keadaan bersih. Ini guna mencegah kurap makin meluas ke area kulit lainnya. Biasakanlah membersihkan area yang terkena infeksi dengan sabun dan air bersih. Lakukan kebiasaan ini 2—3 kali dalam sehari agar jamur penyebab kurap bisa lekas musnah dan gejala mereda. 

Rajin Makan Yogurt 

Yogurt merupakan produk fermentasi yang mengandung probiotik. Kandungan ini membantu tubuh memproduksi lebih banyak bakteri baik yang dapat melawan infeksi jamur penyebab kurap. Sering-seringlah mengonsumsi yogurt selama ruam merah melingkar masih menjajah kulit tubuh Anda. Ini akan membantu melawan mikroba pengganggu penyebab kurap tersebut. 

Oleskan Pi Kang Shuang 

Jika kurap Anda tergolop parah, datanglah ke dokter dan mintalah resep Pi Kang Shuang. Obat topikal yang bisa dibeli dengan resep dokter ini dapat meredakan gejala gatal dan menghilangkan sisik pada area yang terinfeksi jamur. Anda bisa mengoleskan Pi Kang Shuang sebanyak 2—3 kali dalam sehari untuk mengobati kurap ataupun masalah kulit lainnya. 

Lumuri dengan Cuka Apel

Tahu tidak, cuka apel juga bisa sangat berguna mengobati kurap. Ini karena cuka apel memiliki khasiat anti jamur. Untuk pengaplikasiannya, Anda cukup mencampurkan dua sendok makan cuka apel dengan air hangat dan meminumnya. Anda juga bisa mencelupkan bola kapas ke dalamnya larutan cuka apel, kemudian mengoleskannya ke kulit yang terkena kurap. Lakukan pelumuran cuka apel ini tiga kali dalam untuk hasil maksimal mengusir kurap. 

Minum Larutan Kunyit 

Kunyit adalah rempah anti mikroba dan anti inflamasi yang manjur. Anda cukup mencampur kunyi dengan sedikit air dan oleskan ke area yang terinfeksi. Anda juga bisa mendapatkan manfaat kunyit dari dalam tubuh dengan mengonsumsi serbuk kunyit yang dicampur dengan air hangat. 

Gunakan Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu ramuan anti jamur dan anti mikroba yang paling ampuh. Mereka yang makan bawang putih secara teratur tidak terlalu rentan terhadap infeksi jamur yang salah satunya menimbulkan masalah kulit. Untuk mengobati kurap, Anda cukup melumatkan beberapa bawang putih dengan sedikit minyak zaitun dan buat pasta. Oleskan ke area yang terinfeksi selama sekitar 30 menit. 

Konsumsi Vitamin C 

Untuk meredakan infeksi jamur yang menyebabkan kurap, Anda dapat mengandalkan vitamin C. Jenis vitamin ini bisa Anda peroleh lewat berbagai jenis buah-buahan. Asupan vitamin C yang tinggi dapat membuat daya tahan tubuh menguat. Dengan demikian, infeksi yang terjadi dapat segera teratasi, tidak terkecuali dengan infeksi jamur yang menyebabkan gejala kurap. 

Hindari Pakaian Ketat 

Jika Anda tengah mengalami kurap, sebaiknya bijaklah memilih pakaian. Hindari menggunakan pakaian yang ketat karena akan membuat gesekan pada kulit sehingga infeksi jamur lebih mudah menyebar ke area lain. Pilih juga bahan pakaian yang berpori agar sirkulasi udara pada area infeksi lebih baik dan kondisinya cepat membaik. Menggunakan pakaian dari bahan katut lebih direkomendasikan. 

*** 

Jadi, cara mana yang mau Anda pilih untuk meredakan kurap yang dialami? Jika pengonsumsian Pi Kang Shuang dan cara alami lain tidak mempan, cobalah datang ke dokter lagi dan mintalah obat oral.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *