Seluk Beluk NICU RS Bunda Aliyah

Bayi Anda sedang dirawat di NICU RS Bunda Aliyah? Jangan khawatir. NICU, atau singkatan dari neonatal intensive care unit, merupakan sebuah unit pelayanan intensif yang dikhususkan untuk bayi yang lahir premature atau memiliki gangguan kesehatan tertentu.

Orang tua diperbolehkan mengunjungi dan menghabiskan waktu mereka dengan bayi yang perlu dirawat di NICU. Anggota keluarga lain mungkin juga dapat diperbolehkan, namun dalam waktu-waktu tertentu. Anak-anak yang mengunjungi NICU harus sehat (tidak sakit) dan sudah mendapatkan semua jenis imunisasi. Tanyalah dengan petugas RS Bunda Aliyah anggota keluarga mana saja yang boleh menjenguk bayi. 

Setiap orang yang akan mengunjungi NICU RS Bunda Aliyah wajib mencuci tangan mereka sebelum masuk ke dalam ruangan. Ini adalah sebuah bagian yang sangat penting dari menjaga NICU sebersih mungkin sehingga bayi tidak akan terpapar kuman. Anda mungkin ingin membawa mainan, dekorasi, ataupun benda-benda lain ke dalam ruangan. Namun, tanyalah dengan perawat terlebih dahulu. 

Tergantung kesehatan sang bayi, ada kemungkinan Anda akan diperbolehkan menggedong si kecil (bahkan apabila ia sedang berada dalam penggunaan ventilator ataupun IV. Jika dokter menganggap bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang berlebihan, Anda masih bisa memegang tangan bayi, mengusap kepala, atau berbicara dan bersenandung di dekatnya. Sentuhan yang lembut akan membuat bayi merasa lebih tenang.

Namun, bagi beberapa bayi yang lahir secara premature, bersentuhan dapat menyebabkan stres untuk anak. Dokter akan menyarankan Anda untuk membatasi sentuhan fisik, namun masih bisa menghabiskan waktu dengan bayi. Tanyalah pada dokter atau perawat seberapa banyak dan sentuhan jenis apa yang terbaik untuk buah hati. 

Ibu mungkin masih dapat memberi ASI pada bayi mereka atau menawarkan ASI yang telah dipompa atau formula dalam botol. Jika Anda membutuhkan bantuan menyusui atau memompa ASI, konsultasi dengan dokter atau perawat. Karena banyak bayi di NICU tidak bisa makan dengan sendirinya (mungkin disebabkan karena perkembangan yang dini atau gangguan kesehatan, mereka bisa mendapatkan ASI atau formula lewat feeding tube. Para bayi yang berada di NICU memiliki jadwal makan masing-masing. Perawat dapat memberitahu Anda kapan bayi perlu makan dan kapan waktu tidur.

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan bersama bayi, semakin banyak hal yang bisa Anda pelajari seputar jenis interaksi apa saja yang disukai oleh bayi, waktu bayi paling waspada, berapa lama bayi bisa memberikan respon sebelum ia merasa lelah, dan kapan bayi merasa stres dan membutuhkan waktu untuk istirahat. Berbicaralah dalam suara yang tenang dan lembut, jaga cahaya tetap terang, dan jangan berisik. Meskipun sebagai orang tua baru Anda ingin berinteraksi dengannya dalam waktu yang banyak dan sesering mungkin, biarkan bayi tidur apabila ia lelah dan membutuhkannya. 

Memiliki bayi yang berada di NICU RS Bunda Aliyah dapat menjadi waktu sulit yang menyebabkan stres bagi banyak orang tua. Anda mungkin akan jauh dari lingkaran dukungan, seperti teman, keluarga, dan anak lain.

Hidup Anda mungkin akan terasa suram, dipenuhi dengan hari-hari membayangkan dan menunggu kapan bayi diperbolehkan untuk pulang bersama Anda. Memang bukanlah sebuah masa yang mudah, tapi sebagai orang tua, Anda diharapkan untuk tetap kuat dan tegar. Anda harus menjaga diri agar tetap sehat sebagai bentuk dukungan moral dan emosional bagi bayi yang dirawat di NICU RS Bunda Aliyah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *